okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 07 Dec 2012 08:15:59 GMT | By tuty, okezone.com

Cara Bijak Atasi Trauma Anak Korban Perceraian



Cara Bijak Atasi Trauma Anak Korban Perceraian

BERBAGAI masalah akan timbul dalam kehidupan rumah tangga, tak terkecuali terjadinya perceraian. Meski begitu, Anda sebagai orangtua lebih baik dapat mengatasi masalah itu dan membicarakannya dengan bijak terhadap anak-anak.

Penelitian menunjukkan bahwa anak lebih baik bersama dua orangtua yang tidak bahagia daripada orangtua yang bercerai. Tapi penelitian itu tidak menjelaskan tentang kondisi perceraian yang berbeda-beda dimana sangat penting dalam menentukan pengaruhnya terhadap anak.

Sesungguhnya, perceraian yang baik tidak akan berefek buruk ketimbang perceraian yang tidak menyenangkan. Alasan utamanya, yaitu dalam keadaan yang tidak menyenangkan masing-masing pihak biasanya mencoba memengaruhi anaknya untuk melawang pihak lain.

Itu sebabnya, menurut buku Panduan Kesehatan Keluarga, karangan Dr. Miriam Stoppard, ada cara yang dapat orangtua lakukan untuk menjelaskan kepada anak mengenai perceraian mereka.

Menjelaskan kepada anak

Anak akan merasakan emosi yang Anda rasakan, karena anak dapat melihat itu semua. Walaupun Anda berusaha demi kebaikan anak, namun Anda lupa menyembunyikan perasaan yang terpancar melalui mata Anda.

Maka, Anda sebaiknya menjelaskan secara utuh mengenai apa yang terjadi. Jika tidak, anak akan menerka-nerka dan menyalahkan diri mereka sebagai akibat perceraian orangtuanya.

Izin bertemu

Bagaimana perasaan Anda terhadap pasangan, Anda harus tetap bersikap bersahabat dalam masalah izin bertemu demi kebaikan anak. Oleh karena itu, jangan pernah mengungkit persoalan lama bersama mantan suami didepan hadapan anak-anak. Dan rencanakan jauh-jauh hari, sehingga pasangan dapat bertemu anak tanpa mengganggu jadwal kesibukan Anda. (ind)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft