BeritaSatu Logo
Updated: Wed, 31 Oct 2012 17:10:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal keluarga

Ivan, Bocah Autisme ADHD yang Berkomunikasi Lewat Gambar



Berita Satu

BERITASATU.COM - Begitu lahir, Ivan tidak menangis dan hanya diam.

Anak yang mengalami autisme cenderung mengalami hambatan komunikasi. Mereka memiliki cara berkomunikasi yang unik yang sering kali tidak dipahami oleh orang lain dan bahkan orangtua mereka sendiri. Salah satunya Ivan Ufuq Isfahan, putra aktivis perempuan Dr Phil. Dewi Candraningrum.

Lahir pada 6 Juli tahun 2000, Dewi bercerita bahwa saat kelahirannya, Ivan tidak menangis sama sekali. “Diam seribu bahasa. Bidan pada waktu itu, memasukkan selang ke mulut dan hidungnya memancing supaya bisa menangis. Tetap tidak menangis,” kata Dewi yang saat kehamilan Ivan tengah menerjemahkan naskah Al Hallaj.

Dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta ini melahirkan Ivan di Puskesmas Banyudono Boyolali. Pada saat itu ada sekitar tujuh bayi lainnya yang lahir. Mereka menangis, berteriak, dan mengeluarkan suara layaknya bayi pada umumnya. Kecuali Ivan. “Dia menangis hanya sangat sebentar, dan sangat jarang,” kata Dewi.

Setelah merangkak dan berjalan, Ivan fasih dan lihai bersepeda. Demikian pula sindrom hiperaktifnya tidak terkira.

Kemudian ketika Dewi harus mengambil Master di Monash University, Australia, ia membawa Ivan yang saat itu berusia 1,5 tahun, ke psikiater di desa Clayton. Di situlah Ivan didiagnosa memiliki sindrom Autisme ADHD.

Setelah pulang dari Australia, Ivan rutin menjalani terapi wicara. Selain terapi perilaku, Ivan sangat suka menggambar. Apa saja yang menyangkut kendaraan, merupakan tema utama dalam gambar-gambarnya.

“Sekarang, setelah 12 tahun, saya dapat memasukkan beberapa tema lain, di luar vehicle, yaitu bunga, serangga, manusia, masjid, dan subyek gambar lain,” kata peraih gelar Doktor dari Universitaet Muenster ini.

Kini setiap hari, Dewi mendampingi Ivan yang menggambarkan banyak pesan perdamaian, kasih dan cinta. Setiap hari, Ivan dapat menggambar lebih dari 15 sketsa. Sekarang Ivan sedang belajar melukis di atas kanvas dengan kuas dan acrylic.

Di artikel ini, akan ditampilkan sejumlah gambar-gambar Ivan Ufuq Isfahan, yang juga akan ditampilkan secara rutin di kanal Blog Beritasatu.com.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft