BeritaSatu Logo
Updated: Mon, 03 Sep 2012 09:09:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal karier

Hal-hal yang Dilakukan Orang Sukses di 1 Jam Pertama Hari Kerjanya



Berita Satu

BERITASATU.COM - Apa yang Anda lakukan di satu jam pertama setiap hari kerja punya dampak cukup besar dalam produktivitas dan perkembangan karier.

Satu jam pertama di hari kerja punya dampak besar bagi produktivitas dan kesuksesan karier secara keseluruhan. Bila dimanfaatkan sebaik mungkin, sejam pertama hari kerja bisa jadi hal yang memberi kontribusi besar bagi Anda.

Craig Newmark dari Craigslist, David Karp dari Tumblr, pembicara motivasi Tony Robbins, dan penulis Brian Tracy memiliki beberapa cara berbeda dalam menjalankan satu jam pertama setiap hari kerjanya. Berikut kumpulannya:

Jangan cek email di jam pertama hari kerja

Dalam wawancaranya kepada majalah Inc., David Karp pendiri situs Tumblr mengaku berusaha keras untuk tidak mengecek surat-surat elektronik hingga sekitar pukul 09.30-10.00. Menurutnya, membaca email di rumah tidak pernah menyenangkan atau produktif. Dalam pemikirannya, bila ada hal yang sangat penting dan butuh perhatiannya, akan ada orang yang menelepon atau mengirim pesan singkat.

Dalam bukunya yang bertajuk Never Check Email In The Morning, Julie Morgenstern juga menyarankan hal yang sama. Menurutnya, ini adalah suatu strategi untuk membuat hari kerja terasa lebih produktif saat emailnya dijawab dan dihadapi di tempat kerja. Tentu hal ini akan aman dijalankan bila profesi Anda tidak membutuhkan perhatian 24 jam per hari atau tidak butuh update yang masif setiap saat.

Bersyukur

Situs tanya jawab Quora sempat mengunggah pertanyaan mengenai hal yang dilakukan orang sukses di jam pertama hari kerjanya. Jawaban terpopuler diberikan oleh Tony Robbins, guru motivasional yang menyarankan untuk melakukan ritual memusatkan fokus diri dan bersyukur.

Robbins menyarankan untuk membiasakan menciptakan ritual semacam ini selama sejam, 30 menit, atau setidaknya 15 menit. Bagian dari ritual ini sebaiknya juga termasuk olah fisik ringan, juga termasuk kalimat-kalimat penguatan diri atau motivasi diri. Hal paling mendasar dan bisa Anda lakukan setiap pagi selama 10 menit adalah bersyukur dan memikirkan hal-hal yang disyukuri; kesehatan, keluarga dan teman-teman, karier, dan hal-hal lainnya. Setelah itu, visualisasikan hal-hal yang Anda inginkan dalam hidup, anggap hal-hal itu sudah Anda miliki hari ini.

Kerjakan hal berat terlebih dulu

Dalam buku manajemen waktu Eat That Frog, Brian Tracy menyarankan untuk bekerja menyelesaikan hal-hal paling sulit dan paling tak disukai di pagi hari.

Setelah berhasil menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berat di awal hari, sisa hari akan terasa lebih ringan. Kombinasikan dengan tidak mengecek email di pagi hari, maka Anda akan melihat sistem harian yang lebih jelas.

Pilih masalahnya

Di penghujung hari, pilih masalah yang belum selesai dan sulit dikerjakan itu untuk Anda kerjakan besok pagi. Di pagi hari Anda tiba di kantor, sudah ada "to do list" yang harus Anda kerjakan, jika memungkinkan, di malam harinya, kumpulkan pula data atau bahan yang dibutuhkan untuk membantu mengerjakan tugas itu lebih cepat.

Salah satu manfaat untuk menyelesaikan masalah-masalah pelik di pagi hari adalah, orang-orang yang punya kecenderungan mengganggu akan sedikit. Tanpa orang-orang yang menambah beban tugas itu merecoki pekerjaan Anda, pekerjaan pun akan lebih cepat selesai dan tugasnya tak lagi sekompleks sebelumnya.

Mengevaluasi diri

Merasa tak nyaman dan tidak puas dalam pekerjaan seharusnya tidak berlarut-larut. Coba lakukan saran mendiang pendiri Apple, Steve Jobs kepada para mahasiswa Stanford.

Jobbs menyarankan untuk selalu mengevaluasi diri, kalau perlu, bertanya kepada diri sendiri mengenai pekerjaan yang dilakukan.

Setiap hari, tanyakan pertanyaan ini kepada diri sendiri: "Bila ini adalah hari terakhir saya hidup di dunia, apakah ini yang saya ingin lakukan hari ini?"

Bila jawabannya kebanyakan "tidak", maka Anda tahu ada yang harus diubah dari alur kehidupan.

Lakukan customer service dengan kapasitas Anda

Pendiri situs Craigslist, Craig Newmark memiliki cara lain dalam menjalankan satu jam pertama hari kerjanya, yakni dengan melakukan "customer service" dengan caranya sendiri.

Untuk pendiri situs ini, ia menghabiskan satu jam pertama di hari kerjanya untuk menyapa kliennya, menjawab pertanyaan pelanggan, merespon pelanggan, serta menghapus spam dari situsnya.

Bagi orang dengan kapasitas Craig, tentu ia punya calon klien yang lebih besar untuk didatangi, tetapi ia memilih menjawab langsung pelanggannya, baik yang besar maupun kecil. Menurutnya, customer service membantunya tetap berada di darat dan tidak merasa terlalu "tinggi".

Bentuk customer service untuk Anda bisa dilakukan dengan cara lain, seperti menjalin kembali kontak dari proyek yang dilangsungkan bertahun-tahun lalu, menanyakan kabar rekan kerja yang jarang diajak ngobrol, bertanya kepada mentor, apa pun kegiatan untuk menghubungkan sisi humanis di pekerjaan. Lakukan secara rutin, dan Anda akan melihat ada banyak orang yang bersedia mengulurkan tangan ketika keadaan sedang sulit.

Apa yang Anda lakukan di 1 jam pertama setiap hari kerja?

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft