BeritaSatu Logo
Updated: Mon, 22 Oct 2012 14:10:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal keluarga

4 Cara Mengajak Anak untuk Membantu Memasak



Berita Satu

BERITASATU.COM - Tunjukkan pada anak bahwa memasak itu kegiatan menyenangkan.

Makan bersama adalah cara terbaik untuk mengakrabkan hubungan masing-masing anggota keluarga. Namun persiapan memasak dan kemudian setelah makan bersama, biasanya meninggalkan pekerjaan rumah tersendiri.

Kondisi dapur berantakan bukanlah tugas wajib ibu. Sebagai ibu rumah tangga, kita bisa melibatkan seluruh anggota keluarga untuk membantu Anda menyiapkan masakan dan merapikan kembali dapur Anda. Berikut tips untuk melibatkan keluarga untuk ikut membantu kegiatan di dapur.

1. Berikan pekerjaan ke semua orang

Ketika setiap orang membantu menyiapkan masakan, tugas di dapur terasa lebih cepat da setiap orang juga akan mendapatkan kesenangan dengan bekerja bersama-sama. Berikap setiap orang di keluarga Anda pekerjaan yang ringan sesuai usia mereka. Anak yang lebih kecil bisa membantu mencuci alat masak, membuka kemasan masakan, dan mengambilkan bahan masakan di dalam lemari es, dan mencampur bahan. Anak tidak hanya belajar bertanggung jawab dalam hal ini, namun juga bisa belajar tentang kebiasaan makan sehat.

2. Buatlah menjadi menyenangkan

Coba buat tema masakan. Misalnya hari membuat masakan Italia, atau masakan Jawa. Biarkan anak Anda ikut merencanakan menu. Sesekali makan di luar ruangan, siapkan bakaran barbecue. Dengan menjadikan kegiatan makan menjadi menyenangkan, anak Anda juga akan bersemangat membantu.

3. Coba resep yang disukai anak

Sesekali Anda bisa membuat masakan yang biasa digemari anak-anak, namun tetap harus sehat tentunya. Misalnya membuat smoothies dan berikan mereka pilihan bahan smoothies yang menyehatkan. Misalnya buah-buahan. Atau membuat pizza dengan topping yang sehat. Pastikan selalu melibatkan buah dan sayuran pada setiap masakan yang dipilih anak Anda.

4. Memainkan sebuah games

Ubahlah dapur menjadi sebuah permainan dan biarkan kegiatan menyenangkan mengambil alih suasana. Misalnya mengajak mereka menyanyi bersama saat masak, atau bermain tebak-tebakan sayuran dan bahan masakan. Dengan cara ini, anak-anak Anda akan menyukai kegiatan memasak.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft