okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 19 Nov 2012 02:23:37 GMT | By tuty, okezone.com

Cerdas Finansial dalam Rumah Tangga? Ini Kiatnya



Cerdas Finansial dalam Rumah Tangga? Ini Kiatnya

MENGELOLA keuangan dengan bijak perlu dilatih sejak dini. Khususnya bagi pasangan suami istri, hal ini tidak saja menjadi latihan untuk memersiapkan masa depan, tapi juga membuat keuangan keluarga sehat.

Mobilitas tinggi dan banyaknya kebutuhan membuat pengeluaran warga kosmopolit sering membludak dari perencanaan yang sudah dicanangkan sebelumnya. Alhasil, tabungan pun turut terkuras akibat gaya hidup yang tak terkontrol.

"Biaya pengelolaan keuangan Anda bisa sangat jauh dari harapan jika sedang berada di luar rumah. Apalagi, Anda pun dituntut untuk menyeimbangkan antara pengeluaran dan tabungan setiap bulannya," ungkap Rupal Gupta, Public Relation Executive, NetworkRGComm.

Agar keuangan dalam rumah tangga kembali sehat, tak ada salahnya mulai mengencangkan ikat pinggang sejak dini. Tip dari Times of India berikut ini bisa membantu Anda.

Bijak dalam pengeluaran

"Anda perlu memperhitungkan bujet pengeluaran Anda tiap bulannya dengan disesuaikan pada gaji yang Anda terima. Mempertahankan anggaran sangat penting untuk mencapai tabungan yang direncanakan. Selain ini, cara ini juga membantu Anda menyadari nilai uang itu sendiri," tambah Gupta.

Di luar itu, berusahalah untuk selalu menyeimbangkan anggaran Anda. Rencanakan dan sisihkan uang untuk biaya tak terduga seperti hari libur atau kebutuhan kesehatan. Menyimpan dan melacak setiap pengeluaran Anda agar dapat membuat penyesuaian yang diperlukan untuk memastikan Anda memiliki cukup uang ketika mengelola gaji di bulan berikutnya.

Tinggal di rumah kecil

"Pengeluaran paling besar biasanya digunakan untuk rumah tinggal. Untuk itu, lebih baik memilih rumah yang kecil, nyaman, dan dapat membuat Anda betah setelah lelah bekerja seharian. Rumah besar tidak menjamin apa yang Anda inginkan," saran Shajan Samuel, Divisional Head, IIJT Education. (ind)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft