http://www.ghiboo.com
Fri, 01 Mar 2013 03:00:00 GMT | By www.ghiboo.com

Periksa Urin Dengan Aplikasi Smartphone

Technology


Photo

(C)www.ghiboo.com

Ghiboo.com - Pernah terbayang iPhone Anda dapat mendeteksi kadar urin Anda? Seorang penggembang aplikasi dari MIT, Myshkin Ingawale memungkinkan hal ini.

Aplikasi bernama uCheck tersebut diungkap pada TED (Technology, Entertainment, Design) 2013 beberapa hari lalu seperti dikutip dari cnet.com (27/02).

Pada zaman dulu, pemeriksaan urin melalui tahap yang sulit. Sampel urin dimasukkan ke dalam gelas kemudian selembar kertas kimis dicelupkan ke dalamnya.

Kertas tersebut akan berubah warna, dimana nantinya akan dibandingkan dengan panduan peta warna yang mengindikasi akan level glukosa, bilirubin, protein, dan hal-hal aneh lainnya dalam urin Anda.

Walaupun hal ini cukup menyulitkan, muncul berbagai alat untuk mempermudah dan meningkatkan keakuratan dalam mengidentifikasi urin.

Permasalahan baru muncul. Harga yang mahal dan kemampuan alatnya yang hanya dapat mendeteksi secara terbatas menjadi kendala yang sangat besar.

uCheck mampu mengatasi segala kendala di atas. Pengguna cukup mencelupkan kertas kimia ke dalam urin, kemudian mengambil foto kertas kimia tersebut dengan smartphone. Sesaat kemudian aplikasi akan menganalisa dengan cepat dan menampilkan laporan lengkap mengenai urin Anda tersebut.

Sementara ini aplikasi tersebut sedang dilakukan uji coba di rumah sakit Mumbai, serta sedang menunggu persetujuan App Store Apple.

Diperkirakan aplikasi ini akan dijual dengan harga 990 ribu rupiah. Dengan tambahan 200 ribu rupiah, pengguna akan diberikan tambahan paket kertas kimia dan panduan peta warna untuk uji coba.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

tren teknologi

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft