www.infokomputer.com (© Copyright © Info Komputer. 2011, All Rights Reserved.)
Updated: Thu, 22 Mar 2012 02:43:20 GMT | By www.infokomputer.com

Review Primera Bravo SE AutoPrinter



Review Primera Bravo SE AutoPrinter

Produk ini menawarkan kemampuan paling sederhana di antara jajaran perangkat Primera lainnya, yakni hanya sebagai perangkat pencetak label pada permukaan keping CD/DVD. 

Proses penamaan keping CD/DVD biasanya melalui beberapa tahapan secara manual. Langkahnya dimulai dari penempelan label pada permukaan keping, dan menempatkan keping pada printer. Ini pun mesti menggunakan printer yang mampu mencetak pada keping tersebut. Cara lain bisa dilakukan dengan cara mencetak label dahulu ke printer dan menempelkan label tadi ke keping CD/DVD.

Namun ada cara yang lebih praktis untuk melakukan hal itu. Caranya yakni menggunakan produk Primera ini, Perangkat ini merupakan mesin cetak khusus untuk melakukan tugas pencetakan di keping CD/DVD secara otomatis, cepat, dan praktis dengan nama Primera Bravo SE AutoPrinter.

Primera Bravo SE AutoPrinter memang dikhususkan sebagai printer yang digunakan untuk mencetak label pada keping CD atau DVD. Tipe ini merupakan yang paling sederhana di jajaran mesin duplikator keluaran Primera lainnya.

Hal ini terlihat dari kemampuannya yang hanya bisa mencetak di permukaan keping CD dan DVD. Perangkat ini bisa langsung mencetak di atas permukaan tersebut layaknya printer mencetak di atas kertas.

Tapi ada syaratnya. CD atau DVD yang digunakan mesti memiliki permukaan khusus atau paling tidak permukaan tersebut bisa menerima hasil cetak dari printer jenis tinta. Jika Anda mencetak pada permukaan CD/DVD biasa, tinta tidak akan bertahan dan hasilnya tidak akan sempurna.

Saat cover dibuka, akan terlihat komponen pencetakan layaknya printer umumnya. Mekanisme cetaknya sendiri berlangsung melalui beberapa tahapan. Jika ingin melihat simulasi yang diperagakannya, Anda tinggal menekan tombol power beberapa detik. Nantinya, printer akan menjalankan proses simulasi untuk memperlihatkan proses kerjanya.

Instalasi tinta produk ini mirip dengan printer inkjet biasa. Bermodalkan satu tangki tinta yang terdiri dari warna cyan, yellow, dan magenta, Anda bisa mencetak pada permukaan CD/DVD dengan ukuran 120 mm saja. Sayangnya, perangkat ini tidak bisa mencetak pada keping berukuran mini.

Proses pencetakannya sendiri menggunakan bantuan aplikasi. Mendukung sistem operasi Windows dan MacOS, aplikasi bernama ini SureThing CD/DVD Labeler. Di dalamnya tersedia aneka template yang memudahkan pengguna mendesain tampilan yang akan dicetak. Anda juga bisa mengkreasikan sendiri apa yang hendak dicetak.

Saat dicoba mencetak, hasilnya cukup rapi dan akurat. Hanya saja, waktu cetaknya tergolong lama meskipun masih di bawah 2 menit. Namun hal ini masih terasa kurang gegas, apalagi jika digunakan untuk mencetak sebanyak 20 keping CD/DVD sekaligus.

****

Primera Bravo SE AutoPrinter bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki usaha di bidang video editing ataupun percetakan segala jenis media. Dengannya Anda tinggal melakukan pencetakan secara instan dan mudah tanpa perlu direpotkan dengan prosedur penamaan CD/DVD secara manual.

Spesifikasi

Teknologi cetak

Inkjet warna

Resolusi printer

Hingga 4800 dpi

Jumlah tinta

1 tangki

Kapasitas disc

20 keping

Jenis keping

CD/DVD dengan permukaan yang bisa menyerap tinta

Kapasitas keping

Maks. 120 mm

Koneksi

USB2.0

Dukungan kartu memori

Tidak ada

Sistem operasi

Windows XP/Vista/7; MacOS 10.6 ke atas

Bobot

4,1 kg

Dimensi (plt)

38,1x37,5x17,8 cm

Konsumsi listrik

60 watt

Situs Web

http://www.primera.com

Harga kisaran*

US$1179

Harga tinta*

US$48

*Asadinakara Mandiri, (021) 723-7988



Proses cetak
Sebuah mekanisme akan bekerja dan mengambil salah satu keping untuk diproses hingga selesai. Lalu memindahkannya ke area penampung khusus. Proses ini akan terus berlangsung hingga keping pada area penampung tadi kosong.




Tipe inkjet
Metode pencetakan berlangsung layaknya printer inkjet biasa berbasis cartridge. Tersedia kombinasi warna cyan, yellow, dan magenta.

Plus     : Hasil cetak akurat dan presisi; bisa mencetak hingga 20 keping sekaligus.

Minus : Hanya optimal bisa digunakan pada keping dengan permukaan khusus; harga tinggi.

Skor Penilaian 
- Kinerja             : 3,75
- Fasilitas          : 3,5 
- Kemudahan    : 4,25
- Harga             : 3
- Skor total        : 3,6

Foto : Alphons Mardjono

0Komentar
Lihat Wajah MSN Baru

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft