http://www.ghiboo.com
Wed, 08 Aug 2012 21:00:00 GMT | By www.ghiboo.com

Pakora, Bakwan Khas Timur Tengah

Food


Photo

Ghiboo.com - Di Indonesia biasanya selain menu takjil seperti kolak, es buah, selalu ada gorengan sebagai pelengkap. Ternyata di daerah Timur Tengah dan Asia Selatan, seperti di Pakistan dan India juga disajikan gorengan ketika berbuka.

Gorengan yang lebih mirip bakwan ini namanya Pakora. Camilan ini dihidangkan dengan sederhana namun sangat memikat. Bentuknya lebih mirip bakwan, adonannya gurih renyah. Isinya beragam, bisa sayuran atau buah-buahan segar. Krenyes gurih dan enak.

Campuran bahannya, seperti bawang merah, terung, kentang, bayam, pisang, kembang kol, tomat, cabai atau roti serta potongan ayam. Semua bahan itu dicampur dengan adonan tepung. Tepung barulah dibalut dengan adonan tepung khusus, seperti tepung besan atau gram.

Bagian luarnya makin gurih wangi karena ditambah irisan daun bawang dan sedikit garam. Adonan ini kemudian dibentuk bola-bola dan digoreng hingga kuning keemasan. Karena berupa gorengan maka paling asyik dimakan saat masih hangat.

Agar lebih nikmat, bisa dicocol saus asam manis, saus kare atau yogurt. Di beberapa negara Asia Selatan, Pakora mudah ditemukan di beberapa restoran siap saji. Jenis tepung besan atau garam bisa dibeli di toko bahan makanan Timur Tengah. (Berbagai sumber)

0Komentar
Lihat Wajah MSN Baru

video gaya hidup

more...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft