Sat, 02 Feb 2013 15:31:44 GMT | By Editor Wida Kriswanti, tabloidbintang.com

TIPS Membersihkan Tempat Mencuci Piring (Dengan Cara "Go Green")

Kami punya tips yang sangat aman karena tanpa penggunaan pembersih berbahan kimia.


TIPS Membersihkan Tempat Mencuci Piring (© Dengan Cara "Go Green")

SEHARUSNYA, tempat mencuci piring senantiasa dijaga kebersihannya -- karena itu tempat peralatan makan kita dibersihkan!

Sayangnya, kebanyakan orang justru membiarkannya kotor dan tidak terurus, seolah tempat sampah.

Muncul bau tidak sedap, kuman dan bakteri pun berkembang biak pesat, mengancam kesehatan keluarga. Kalau tempat mencuci piring di rumah Anda termasuk yang kotor, segera bersihkan. Cara-caranya seperti yang kami kutip dari laman Apartment Therapy berikut.

Sangat aman karena tanpa penggunaan pembersih berbahan kimia.

Siapkan: Sabun cuci piring cair Cuka putih murni  Soda kue (baking soda) Garam batu Lemon atau jeruk sitrus Batu es Lap berbahan kain handuk dan kertas Sikat gigi bekas Spons lembut atau yang berbahan nilon

Ikuti langkah-langkah berikut:1. Untuk bersih-bersih harian, sabun cuci piring cair dan spons atau kain lap bisa digunakan untuk membuat tempat cuci piring bersih. Cairan pembersih berbahan kimia mungkin pilihan yang lebih sederhana, tapi akan membuat material logam cepat berkarat atau terkikis. Setelah dibersihkan, bilas dan keringkan dengan kain lap atau handuk.

2. Untuk membersihkan secara keseluruhan, pertama-tama bilas tempat mencuci piring dengan air bersih yang cukup banyak. Pada kebiasaan harian, membilas setiap kali selesai mencuci piring bisa dilakukan untuk mencegah kandungan asam dan garam dari sisa makanan mengendap, yang akan menyebabkan karat pada logam tempat mencuci piring. Selain itu, kebiasaan membilas bisa mencegah mampat pada lubang saluran air.

3. Setelah membasahi tempat mencuci piring, taburkan soda kue secara merata. Biarkan selama beberapa saat, lalu bilas kembali.

4. Untuk membersihkan bagian lubang pembuangan, gunakan sikat gigi kecil yang sebelumnya dicelup ke dalam air campuran soda kue atau sabun. Lalu gosokkan sikat gigi sedalam mungkin ke dalam lubang pembuangan, ulangi terus sambil sesekali dibilas dan sampai benar-benar bersih. Anda bisa mengecek kebersihannya dengan mengelapkan kain ke dalam lubang. Jika masih ada noda, bersihkan lagi.

5. Berikutnya, rendam lap berbahan kertas dengan air cuka. Lalu lapisi seluruh permukaan tempat mencuci piring dengan kertas itu, diamkan selama 20 menit, lalu angkat dan buang.

6. Ambil spons nilon, celup ke dalam air sabun, bersihkan seperti biasa, lalu bilas secara sempurna.

7. Untuk tempat mencuci piring dengan sumbat sampah, tuang setengah cangkir air campuran soda dan tambahkan cuka. Percampuran ini akan menimbulkan sedikit suara berdesis, biarkan, tak perlu takut. Tinggalkan sambil Anda memanaskan air. Setelah mendidih, segera tuang sebagai air bilasan.

8. Ambil beberapa batu es, letakkan di atas sumbat sampah. Tambahkan taburan garam batu di atasnya. Alirkan air keran sampai batu es mencair. Campuran batu es dan garam bermanfaat untuk membersihkan secara maksimal sisa-sisa kotoran.

9. Potong-potong lemon atau jeruk sitrus. Letakkan di atas sumbat, lalu aliri dengan air terus-menerus selama beberapa saat. Lemon akan membuat tempat mencuci piring beraroma segar.

10. Untuk bagian keran dan pegangannya, bersihkan dengan air sabun. Sikat gigi bisa dipakai lagi untuk mencapai area yang sulit dijangkau. Jika terlihat noda membandel, bersihkan dengan lap yang direndam cuka. Selesai membersihkan tempat mencuci piring secara optimal, mulai biasakan untuk menjaga kebersihannya setiap hari dengan langkah seperti pada nomor satu.

(wida/adm)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft