Sun, 06 Jan 2013 05:19:55 GMT | By Editor Wida Kriswanti, tabloidbintang.com

Salah Makan Siang, Produktivitas Bisa Menurun

Makan siang diharapkan menjadi bahan bakar baru yang cukup untuk melanjutkan pekerjaan hingga petang menutup hari.


Salah Makan Siang, Produktivitas Bisa Menurun

UMUMNYA, pekerja kantoran memiliki jam istirahat siang yang lumrah diisi dengan kegiatan makan siang.

Selain karena energi dari sarapan sudah terkuras, makan siang diharapkan menjadi bahan bakar baru yang cukup untuk melanjutkan pekerjaan hingga petang menutup hari.

Tetapi, kasus yang sering ditemukan justru sebaliknya. Usai makan siang, badan malah jadi tidak berenergi. Kantuk pun menyergap. Apa yang salah?

Makan Siang Terlalu BanyakMerasa telah bekerja terlalu keras, makan siang oleh sebagian orang dianggap sebagai upah atas rasa lelah. Selama kurang lebih 4 atau 5 jam menjalani pekerjaan, biasanya otak sudah dipenuhi khayal pilihan menu makan siang paling menggiurkan. “Duh, pengin makan ayam penyet banget," “Kwetiau kuah kayaknya segar, deh siang-siang," dan banyak khayalan lainnya, tergantung selera masing-masing. Lalu pada praktiknya, makan siang pun sering kali dilengkapi makanan pembuka dan penutup. Beberapa gorengan sebelum makan atau jus alpukat sebagai “oleh-oleh”, hehehe.

Kebiasaan “makan siang besar” seperti itu sama sekali tidak disarankan. Makan siang berlebihan akan mendorong tubuh Anda menggunakan persediaan energi yang berharga hanya untuk mengunyah dan mencerna yang tentu saja lama, mengingat jumlah makanan yang besar. Saat itu darah mengalir deras ke perut, mengambil keseluruhan sisa oksigen dan nutrisi dalam tubuh Anda. Tidak lama setelahnya, momen fatigue (kelelahan) dan mengantuk pun datang. Alhasil, separuh terakhir waktu bekerja Anda terasa lebih berat dijalani. Tentu saja, di kantor Anda tidak bisa mengikuti insting dan tertidur, bukan?

Biasakan Makan Sedikit, Namun BergiziAlasan menghemat waktu membuat banyak pekerja melewatkan kewajiban sarapan. Nanti saja, kebutuhan asupan diakumulasikan saat makan siang. Inilah penyebab utama Anda makan besar saat makan siang, karena sangat lapar. Dan kecenderungan orang-orang yang membiasakan makan saat benar-benar lapar, mengulanginya lagi di waktu makan malam dengan cara makan besar lagi. Duh!

Nah, jika Anda termasuk sering mengalami kelelahan selepas makan siang, sementara Anda yakin tidak ada yang salah dengan pola tidur, cukup berolah raga, dan tidak sedang menderita suatu penyakit, patut mempertimbangkan untuk mengubah pola makan siang Anda menjadi lebih sehat. Selain memaksakan sarapan dan atau mengganti sarapan dengan yang lebih bergizi, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hari yang lebih produktif.

1. Perhatikan asupan makan siang Anda.* Hindari makanan siap saji sebagai menu makan siang. Karena kebanyakan makanan siap saji adalah junk food yang mengenyangkan, tapi minim gizi dan tidak sehat -- mengandung banyak karbohidrat, gula, garam, dan perasa buatan serta bahan tambahan lainnya.* Hindari memakan makanan yang diolah dengan cara dipanggang. Makanan mengandung gula dan tepung seperti muffin, cake, atau pasta juga tidak direkomendasikan. Ganti dengan makanan yang disajikan segar atau tanpa proses memasak berlebih.* Jika bingung mengatur kombinasi makanan, cara termudah adalah menguranginya. Makanlah lebih sedikit. Lauk tanpa tambahan nasi atau gado-gado tanpa lontong bisa menjadi pilihan.* Biasakan minum air putih saja.

2. Tidur berkualitas di malam hari, dengan cara tidak mengonsumsi makanan atau minuman mengandung kafein atau kandungan lainnya yang berpotensi membuat susah tidur saat menjelang tidur.

3. Temui dokter jika gangguan fatigue terus berlanjut, sekalipun Anda telah mengubah pola makan dan tidur. Siapa tahu ada gangguan penyakit serius yang tidak Anda sadari.

4. Atau lengkapi aktivitas makan siang Anda dengan sesuatu yang sifatnya relaksasi. Pilih tempat makan yang nyaman atau memiliki pemandangan indah dan udara segar. Ini juga membuat Anda tidak fokus pada kegiatan mengunyah semata.

(wida/adm)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft