Tue, 24 Jul 2012 17:15:12 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Menangani Fobia Kegelapan pada Anak

Fobia terhadap tempat gelap atau achluophobia lazim dialami anak-anak mulai dari usia dua tahun.


Menangani Fobia Kegelapan pada Anak

BOO selalu takut tidur sendirian, apalagi jika lampu kamarnya dimatikan.

Bagi Boo, sendirian di kamar yang gelap merupakan hal yang menakutkan. Boo percaya, akan ada monster menyeramkan yang muncul dari dalam lemari pakaian dan siap menerkamnya kapan saja.

Boo memang hanya tokoh fiksi dalam film animasi “Monsters, Inc”, tapi ketakutan yang dialami Boo juga hinggap pada anak-anak pada umumnya. Fobia terhadap tempat gelap atau achluophobia lazim dialami anak-anak mulai dari usia dua tahun.

Sebenarnya bukan kegelapan yang mereka takuti, melainkan halusinasi yang muncul saat berada di tempat gelap. Seperti adanya monster, nenek sihir, atau hantu.

Agar si kecil berani di tempat gelap, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Pemicu rasa takutTanyakan pada si kecil, apa yang membuatnya merasa takut akan kegelapan. Apakah takut hantu, monster, atau hal-hal lain yang memicu rasa takutnya. Tenangkan dan hilangkan rasa takutnya. Yakinkan anak bahwa dia akan terus merasa aman dan tidak akan ada yang mengganggunya saat tidur.

2. Berdoa sebelum tidurAnda juga dapat mengajarkan buah hati untuk selalu berdoa sebelum tidur. Ajarkan pada si kecil bahwa Tuhan akan selalu menjaganya dari gangguan monster dan hantu yang muncul dalam imajinasinya. Dengan begini, Anda akan mendapat dua keuntungan sekaligus, yaitu mengajarkan agama kepada si kecil, sekaligus menghilangkan rasa takut.

3. Lampu tidurSediakan lampu tidur di dekat tempat tidur. Anda bisa memilih lampu tidur yang didudukkan di meja atau yang dipasang di dinding. Pilih lampu tidur yang cahayanya tidak terlalu terang dan tidak membuat silau.

4. Buka pintu kamarPadamkan lampu kamar namun biarkan pintunya terbuka, sehingga cahaya dari luar ruangan bisa masuk ke dalam kamar. Anak pun tidak akan merasa ketakutan, karena kamarnya tidak gelap total.

5. Temani sampai anak tidurTemani anak menjelang tidur di kamarnya dalam kondisi gelap. Bacakan dongeng dan tunggu hingga si kecil tertidur pulas. Setelah anak tidur, Anda dapat meninggalkan kamar. Hindari mengunci pintu kamar agar si kecil dapat dengan mudah “kabur” saat terbangun di tengah malam di kamar yang gelap. Lama-kelamaan dia pun akan terbiasa untuk tidur di kamar gelap.

6. Hindari menonton film seramHindari menonton film-film yang menyeramkan menjelang tidur. Bukan hanya film horror, tapi juga film-film fiksi ilmiah dengan adegan yang membuat anak merasa takut. menonton film menyeramkan sebelum tidur akan membuat si kecil tidak nyenyak karena terus terbayang-bayang adegan dalam film.

dari Berbagai Sumber

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft