Thu, 18 Oct 2012 17:07:43 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Limbad Sudah Jalani Operasi Vasektomi, Apa Itu Vasektomi?

Dengan metode laparoskopi, saluran vas deferens akan diikat dengan cincin, sehingga dapat dilakukan proses pengembalian seperti semula dan tidak menghasilkan kemandulan permanen.


Limbad Sudah Jalani Operasi Vasektomi, Apa Itu Vasektomi?

SUSI Indrawati menyangkal fakta bahwa suaminya, Limbad, memiliki anak dari istri sirinya, Benazir Endang. Susi menegaskan bahwa Limbad sudah pernah menjalani operasi vasektomi yang berarti dia tidak akan pernah bisa lagi memiliki keturunan.

Walau Limbad bersikukuh bahwa operasi vasektomi berlangsung setelah Benazir hamil 3 minggu, Susi tetap tidak mempercayai hal ini.

Seperti apa sebenarnya operasi vasektomi pada pria, bagaimana prosedurnya dan seberapa besar keampuhannya dalam mencegah kehamilan?

Vasektomi adalah metode pemandulan pada pria yang dilakukan dengan memotong vas deferens atau saluran sperma. Vas deferens dipotong dengan tujuan agar sperma tidak dapat “berenang” sampai sel telur sehingga mencegah terjadinya pembuahan.

Pada wanita, proses ini dinamakan tubektomi, yaitu pemotongan saluran sel telur wanita agar sel telur tidak dapat dibuahi.

Di awal penemuannya, metode vasektomi ini tergolong rumit dan memakan waktu yang lama untuk pemulihannya. Pasien harus beristirahat hingga lebih dari seminggu sebelum akhirnya dapat beraktivitas kembali. Hasil operasi pun berlangsung secara permanen dan tidak dapat dikembalikan seperti semula.

Dr.Marc Goldstein, pakar kesehatan reproduksi dari Cornell University Weill Medical College memaparkan, angka kegagalan operasi vasektomi cukup rendah, yaitu 1:4.500 kasus. Keberhasilan vasektomi dalam mencegah kehamilan menjadi metode yang ampuh dalam menekan angka kelahiran.

Proses yang rumit ini kini dipermudah dengan teknologi laparoskopi yang hanya dibutuhkan metode pembedahan tanpa sayatan yang besar. Cukup sayatan kecil yang hanya beberapa sentimeter dan bekas lukanya pun hanya ditempel dengan plester saja. Untuk proses penyembuhan, hanya dibutuhkan 24 jam untuk kembali beraktivitas.

Dengan metode laparoskopi, saluran vas deferens akan diikat dengan cincin, sehingga dapat dilakukan proses pengembalian seperti semula dan tidak menghasilkan kemandulan permanen.

Apakah pria yang sudah menjalani vasektomi bisa kembali seperti semula dan dikembalikan kesuburannya?

Bisa. Bahkan caranya lebih mudah ketimbang metode vasektomi konvensional yang memerlukan bius total dan operasi selama 4-5 jam. Caranya, kedua ujung vas deferens yang diameternya hanya tiga kali lipat diameter rambut manusia, harus disambung kembali. Walau rumit, operasi ini dapat mengembalikan kesuburan pria seperti semula.

Jadi, walaupun Limbad pernah divasektomi, bukan tidak mungkin dan kapan saja dia bisa melakukan operasi pengembalian kesuburan serta punya anak lagi.

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft