Mon, 12 Mar 2012 22:04:14 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

5 Hal Penting Seputar Tanggal Kadaluarsa Makanan

Mengonsumsi makanan dan minuman yang telah habis masa berlakunya dapat membahayakan bagi kesehatan, termasuk menyebabkan keracunan, bahkan nyawa pun bisa melayang.


5 Hal Penting Seputar Tanggal Kadaluarsa Makanan

MENGECEK tanggal kadaluarsa menjadi kewajiban sebelum membeli produk makanan atau minuman.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang telah habis masa berlakunya dapat membahayakan bagi kesehatan, termasuk menyebabkan keracunan, bahkan nyawa pun bisa melayang.

Berikut 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang tanggal kadaluarsa dalam produk makanan dan minuman.

1. Apakah tanggal kadaluarsa itu?

Health Canada mendefinisikan tanggal kadaluarsa sebagai batas waktu ketahanan makanan dan minuman dalam menjaga kandungan mikrobiologis dan bentuknya, serta kandungan nutrisi yang tercantum dalam label. Artinya, agar dapat merasakan manfaat kandungan nutrisi di dalamnya, amat penting untuk mengonsumsi makanan sebelum kadaluarsa.

2. Jika makanan sudah kadaluarsa tapi rasa, bentuk dan aromanya tidak berubah, apakah masih aman dikonsumsi?

Tidak sedikit makanan atau minuman yang tampilan, rasa dan baunya sama persis seperti sebelum kadaluarsa, namun kandungan nutrisi di dalamnya telah mengalami banyak perubahan yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Jika produk sudah lewat masa kadaluarsa, tidak perlu pikir dua kali, langsung singkirkan.

3. Apakah menyimpan makanan di dalam lemari es dapat mempengaruhi kesegarannya?

Beberapa makanan harus didinginkan dua jam (atau kurang) setelah dibeli. Canadian Partnership for Consumer Food Safety menyebutkan, memasukkan makanan ke dalam lemari pendingin dapat memperlambat perkembangan bakteri.

Seberapa lama makanan dapat disimpan dalam lemari es tergantung pada jenis makanan dan komposisi bahannya. Jika Anda ragu, cobalah hubungi langsung produsen makanan dan mintalah informasi seputar metode penyimpanan yang baik dan benar.

4. Apakah membuka kemasan dapat berpengaruh pada tanggal kadaluarsa?

Pakar kesehatan Brenda Watson memaparkan, setelah kemasan dibuka, tidak ada jaminan makanan akan memiliki rasa, tekstur dan kadar nutrisi yang sama seperti sebelum dibuka.

Seperti dituturkan kepada Huffington Post, jika Anda membuka kemasan produk –yogurt, misalnya- maka tanggal kadaluarsa dalam kemasan tidak lagi berpengaruh. Seberapa lama kemasan dibiarkan terbuka dan dimana Anda menyimpannya menjadi faktor yang paling menentukan sampai kapan produk tersebut layak dikonsumsi.

5. Apakah setiap negara memiliki standar penanggalan kadaluarsa yang sama?

Tidak, setiap negara memiliki standar yang berbeda dalam menentukan tanggal kadaluarsa. Departemen Kesehatan AS memperbolehkan produsen makanan dan minuman untuk tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa. Sebagai gantinya, mereka mewajibkan produk yang dipajang di toko harus layak dikonsumsi.

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft