Tue, 28 Feb 2012 00:00:44 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

Peragaan Busana Anne Avantie Menutup "Indonesia Fashion Week 2012"

Desainer yang kerap dijuluki “Ibu Kebaya” itu menampilkan tontonan bertajuk “Indonesia Sehati”, hasil kolaborasinya bersama Guruh Soekarno Putra dan Garin Nugroho.


Peragaan Busana Anne Avantie Menutup "Indonesia Fashion Week 2012"

SETELAH digelar selama empat hari, Indonesia Fashion Week 2012, resmi ditutup Minggu (2/6) malam. Bertempat di Plenary Hall, JCC Senayan, perhelatan fashion tahunan ini ditutup dengan jajaran busana rancangan Anne Avantie.

Desainer yang kerap dijuluki “Ibu Kebaya” itu menampilkan tontonan bertajuk “Indonesia Sehati”, hasil kolaborasinya bersama Guruh Soekarno Putra dan Garin Nugroho. Pertunjukan ini merupakan percampuran antara peragaan busana dan seni tari yang disempurnakan dengan iringan sajak yang ditulis Garin.

Dalam peragaan kali ini, Anne memotret dinamisme wanita Indonesia lewat deretan kebaya dengan berbagai tema. Dibuka dengan koleksi kebaya klasik yang terinspirasi dari semangat Fatmawati saat menjahit bendera merah putih.

Koleksi kebaya minim ornamen khas era ‘40an dihiasi dengan motif melati dan komposisi warna merah putih. Beralih ke sequence berikutnya, Anne mengisi catwalk dengan barisan kebaya yang terinspirasi dari kekayaan budaya Bali. Diiringi para penari yang menjunjung sesajen, rancangan kebaya klasik bertransformasi menjadi kebaya modern penuh aksen cut-out namun tidak menghilangkan ciri khasnya sebagai busana tradisional.

Evolusi kebaya dari masa ke masa menghasilkan rancangan yang tidak lagi dapat dikategorikan sebagai kebaya, namun menjadi busana yang terinspirasi oleh siluet kebaya. Dengan jeli, Anne mengawinkan rancangan kebaya ke dalam berbagai kultur, seperti Tionghoa, klasik Amerika, hingga burlesque Eropa.

Dalam peragaan ini, Anne turut menggandeng sejumlah selebriti untuk berlenggak-lenggok memperagaan karyanya. Di antaranya Marcella dan Olivia Zalianty, Yuni Shara, Krisdayanti, Indra Bekti, Rio Dewanto, Atiqah Hasiholan, Atalarik Syah, Artika Sari Devi, dan sejumlah model senior.

Malam itu, Indonesia Fashion Week 2012 juga menyerahkan penghargaan khusus bagi sejumlah tokoh yang berjasa memajukan industri fashion di Indonesia. Penghargaan pertama diberikan kepada Guruh Soekarno Putra yang mampu menampilkan tontonan populer berbasis budaya dan menghasilkan sejumlah busana apik sebagai bagian dari karya seninya. Penghargaan lain diberikan kepada Mardiana, penggagas Bali Fashion Week yang dinilai berjasa mengembangkan potensi para desainer lokal.

Liliawati Rahardjo mendapat penghargaan untuk konsistensinya mendukung dunia fashion. Selama delapan tahun, Liliawati menyediakan arena bagi desainer lokal di The Catwalk, Mall Kelapa Gading untuk event Jakarta Fashion & Food Festival. Penghargaan terakhir diberikan kepada Muara Bagja, pengamat dunia fashion dengan segudang tulisan maupun review seputar dunia mode Indonesia.

Indonesia Fashion Week 2012 juga memberikan penghargaan Lifetime Achievement Award kepada Pia Alisjahbana atas jasanya di dunia jurnalisme fashion, serta melahirkan jajaran model dan tokoh di dunia mode tanah air.

Foto-foto: Rere

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft