Tue, 20 Dec 2011 00:50:32 GMT | By Editor --, tabloidbintang.com

Makanan untuk Membentengi Tubuh dari Penyakit

Yuk mengenal berbagai makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh.


Makanan untuk Membentengi Tubuh dari Penyakit

SAAT cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini, amat mudah bagi setiap orang terkena penyakit musimam, flu, masuk angin atau batuk pilek.

Tidak ada cara yang lebih efektif selain menjaga kebugaran tubuh. Virus penyakit lebih mudah menyusup ke tubuh yang lemah. Untuk itu, kita harus benar-benar teliti dalam menjaga asupan makanan.

Ada baiknya mendahulukan sejumlah makanan yang dipercaya mengandung zat gizi tinggi dan dapat membentengi tubuh dari kuman penyakit.

Makanan apa sajakah itu? Yuk mengenal berbagai makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh.

• Madu, cairan yang dihasilkan lebah, kaya akan zat-zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Madu mengandung gula dalam bentuk glukosa dan fruktosa, dan mineral seperti kalsium, potassium, magnesium, sodium, klorin, sulfur, besi dan fosfor. Madu juga mengandung vitamin yang sangat dibutuhkan untuk ketahanan tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan C. Madu juga mengandung beberapa hormon, zinc, yodium, yang hampir semuanya diperlukan tubuh. Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Minuman hangat seperti madu dan lemon membantu karena minuman membuat kita mengeluarkan air liur. Bangsa Arab percaya madu menyembuhkan sakit perut.

• Kopi dan cokelat yang biasanya dikonsumsi di saat senggang, ternyata punya khasiat tinggi. Keduanya disebut sebagai minuman dan makanan berenergi. Kopi mengandung kafein, membuat orang terjaga meski banyak pekerjaan. Sedang cokelat memberikan energi yang tidak sepenuhnya berasal dari cokelat. Cokelat mengandung campuran lain seperti susu dan gula yang merupakan karbohidrat. • Padi-padian, sumber karbohidrat terbaik berupa kelompok padi-padian. Bentuk yang baik dikonsumsi bisa berupa roti, biskuit, atau nasi. Selain mengandung karbohidrat, kelompok makanan padi-padian ini juga mengandung protein yang bersama karbohidrat diperlukan untuk menghasilkan energi.

• Teh hijau adalah minuman favorit masyarakat kawasan Asia Timur. Di China dan Jepang kebiasaan minum teh hijau telah ada sejak beberapa dekade lalu. Hasil penelitian membuktikan teh mengandung senyawa utama yang disebut polyphenol, sejumlah vitamin seperti vitamin B1 dan B2; serta vitamin C, E, dan K, dan mineral seperti mangan, potasium, dan fluor. Kandungan vitamin B2 teh kira-kira 10 kali lebih besar dibandingkan dengan yang terdapat pada sereal dan sayuran. Vitamin C-nya pun lebih tinggi dari buah apel, tomat, atau jeruk. Dengan kandungan tersebut, teh hijau tak hanya meningkatkan energi, tapi juga menangkal masuknya berbagai jenis penyakit.

• Konsumsi makanan Jepang seperti sushi. Orang Jepang percaya sushi yang terdiri dari nasi dan ikan mentah menjadi satu sebab kenapa orang Jepang masuk di antara orang paling sehat di dunia. Ikan mentah, sayuran dan nasi dalam sushi hanya mengandung 30 persen lemak, bagian terbesarnya, asam lemak omega-3.

• Wortel dapat melindungi dari menurunnya penglihatan dan demam. Wortel sumber terkaya akan beta karotin yang merangsang terhadap kekebalan tubuh.

•Cabe merah melindungi tubuh dari demam. Cabe ini sumber kaya akan vitamin C dan beta karoten yang dapat meningkatkan sistem kekebalan.

• Minumlah air mineral alami 8 gelas sehari. Air mineral alami membantu tubuh melengkapi mineral-mineral penting. • Ginseng merupakan ramuan tradisional juga bisa membuat orang nyaman tidur. Ginseng dalam banyak literatur kesehatan dijelaskan, membantu tubuh menstimulasi glandula endoktrin untuk metabolisme vitamin dan mineral. Dengan banyak mengonsumsi ginseng, tubuh dapat menyerap gizi dengan sempurna. Zat polisakarida dalam ginseng membantu meningkatkan sistem ketahanan tubuh.

• Bawang Putih. Garlic Information Centre membuktikan bawang putih dapat membantu mengurangi gejala flu, mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi peluang terjangkit virus lain kembali.

• Sup ayam disebut juga sebagai Jewish penicillin. Sup ayam disebut generasi masyarakat Yahudi ayam sebagai obat flu. Minuman hangat yang memiliki rasa seperti sup membuat kita mengeluarkan air liur, sehingga lebih banyak lendir yang dihasilkan. Lendir ini akan membasmi bakteri dan virus karena lendir adalah sistem ketahanan alami. Sup ayam dengan bawang putih sangat efektif karena menggabungkan kedua unsur penyembuhan.

• Telur mengandung protein, lemak, vitamin A, B dan D serta mineral seperti zat besi, kalsium, sulfur dan air. Karena nilai gizinya tinggi, telur biasanya digunakan sebagai makanan untuk meningkatkan stamina setelah sakit atau operasi. Anda yang kelelahan usai bekerja dapat mengkonsumsi kuning telur bercampur madu untuk mengembalikan kebugaran tubuh.

• Pisang menyediakan cadangan energi dengan cepat ketika dibutuhkan. Pisang dapat mengatasi penat akibat keletihan. Telah lama pisang diyakini sebagai makanan peningkat tenaga karena memberikan energi yang lebih tinggi ketimbang buah-buahan lain. Pisang mengandung mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin A, B kompleks, B6 dan serotonin yang membantu kelancaran fungsi otak dan berfungsi sebagai ketahanan tubuh. Maka tak heran banyak atlet yang mengonsumsi pisang saat istirahat sebagai cadangan energi. Gula pisang merupakan gula buah yang terdiri dari fruktosa, yang cukup baik sebagai penyimpan energi karena lebih lambat dimetabolisme tubuh.• Alpukat mengandung asam folat yang berguna untuk membantu metabolisme protein agar menghasilkan banyak energi. Alpukat mengandung vitamin B6 yang juga berguna untuk tubuh. Selain itu alpukat mengandung betakaroten, klorofil, vitamin E, dan vitamin B kompleks yang berlimpah.

• Jus segar. Konsumsi jus segar dapat menyerap protein, karbohidrat, dan asam lemak esensial, vitamin dan mineral dengan mudah. Bromelain dalam jus nenas dapat meningkatkan kesehatan tubuh seperti mengurangi arthritis, mencegah bengkak setelah trauma, mengurangi sinusitis, dan mengurangi nyeri tenggorokan. Jus campuran apel dan seledri dapat mengurangi peradangan dan membantu Anda tidur dengan tenang. Flavonoid, pigmen tanaman yang memberikan warna pada buah dan bunga memiliki sifat anti peradangan, anti alergi, antivirus dan anti karsinogenik.

• Minyak ikan yang merupakan sari lemak ikan. Biasanya, yang dipakai adalah ikan dari air laut dingin, seperti ikan kod. Minyak ikan ternyata juga berisi berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatannya, antara lain:Asam lemak omega 3, Docosahexanoic acid (DHA), Vitamin A, Vitamin D. Menurut "Physician Desk Reference" (PDR), tahun 2001, minyak ikan berfungsi untuk menurunkan kadar trigliserida darah, anti inflamaso atau anti radang, anti trombotik, dan meningkatkan pertahanan tubuh.

• Konsumsi suplemen. Bila diibaratkan, suplemen adalah makanan ajaib. Diktakan ajaib karena dari satu pil suplemen, terdapat berbagai kandungan zat yang dibutuhkan tubuh. Artinya, tanpa perlu repot-repot mengonsumsi berbagai makanan yang belum tentu Anda sukai, suplemen meyediakan kandungan zat yang terdapat di dalam makanan tersebut. Salah satu suplemen andalan adalah Promuno yang merupakan satu-satunya suplemen yang mengandung 3 zat aktif: Vitamin C & Zinc yang terbukti dapat melindungi tubuh dari virus, dan bahan herbal Phyllantus Niruri (meniran) yang terbukti secara klinis untuk memperbanyak sel imun atau kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi Promuno, tubuh tak hanya terlindungi, tapi juga bisa mematikan virus yang ada di dalam tubuh . Dengan mengkonsumsi pilihan makanan dan minuman penambah energi di atas, Anda bisa merasakan energi tubuh bertambah dan tak mudah terserang penyakit. Tanpa penyakit, aktivitas tak terganggu dan hidup Anda lebih produktif.

(adv)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft