Tue, 28 Aug 2012 14:31:12 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

7 Tips Aman Melakukan Perjalanan Jauh Membawa Balita

Sebagai orang tua, Anda perlu mengutamakan kewaspadaan agar perjalanan mudik terasa aman bagi si kecil.


7 Tips Aman Melakukan Perjalanan Jauh Membawa Balita

MEMBAWA si kecil saat melakukan perjalanan jauh memang tidak mudah. Anda perlu memastikan perjalanan berlangsung dengan nyaman agar anak tidak rewel.

Sebagai orang tua, Anda perlu mengutamakan kewaspadaan agar perjalanan mudik terasa aman bagi si kecil.

1. Pilih kendaraan yang amanHal pertama yang perlu Anda perhatikan ialah memilih moda transportasi yang aman dan nyaman saat bersama si kecil. Anda tidak disarankan untuk menggunakan sepeda motor, karena sangat tidak aman untuk perjalanan jarak jauh bersama anak. Tubuh anak yang lebih lemah dari orang dewasa juga rentan mengalami masuk angin atau terjatuh.

2. MainanAgar anak tidak rewel selama di perjalanan, sediakan selalu benda-benda yang dapat membuatnya tenang. Bawa serta mainan kesukaan atau makanan ringan agar si buah hati tetap betah walau harus melintasi perjalanan jauh.

3. Obat-obatanPersiapkan obat-obatan dan perlengkapan medis. Obat anti mabuk perjalanan, minyak kayu putih, obat merah, plester dan perban, hanyalah sebagian kecil dari daftar perlengkapan medis yang perlu Anda persiapkan.

4. Pakaian yang nyamanPakaikan busana yang nyaman bagi si kecil. Pilih pakaian yang tidak membuat anak kepanasan atau kedinginan, sehingga tetap nyaman selama di perjalanan, tidak rewel, dan terhindar dari gangguan penyakit.

5. Duduk dekat jendelaJika si kecil mulai rewel, cobalah mengalihkan perhatiannya ke pemandangan di luar jendela. Menempatkan si kecil untuk duduk di dekat jendela bisa membuatnya menikmati perjalanan sekaligus melihat pemandangan yang jarang ditemuinya. Jangan lupa, tutup jendela rapat-rapat agar debu, kotoran, dan asap tidak masuk, serta mencegah si kecil mengeluarkan anggota badannya.

6. Konsultasi dengan dokterJika anak masih terlalu kecil untuk diajak bepergian dalam jarak jauh, lebih baik konsultasikan terlebih dulu dengan dokter. Periksakan kesehatan anak dan pastikan anak siap menempuh perjalanan mudik.

7. Bepergian dengan pesawatJika Anda memilih untuk mudik dengan pesawat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mintalah si kecil untuk menghisap permen atau mengunyah permen karet saat lepas landas dan mendarat, sedangkan untuk bayi usahakan agar si kecil menghisap botol susu. Hal ini bertujuan agar telinga tidak tersumbat akibat tekanan udara selama peawat lepas landas dan mendarat. Jika pesawat terasa bising, tutup telinga si kecil dengan lembut menggunakan kedua telapak tangan. Selalu sediakan kantong muntah di dekat Anda jika anak merasa mual akibat turbulensi.

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft