Sat, 14 Jul 2012 12:31:13 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

7 Persiapan Menjelang Berpuasa (Bag.2)

Bagi kaum hawa, mukena menjadi perangkat beribadah yang paling penting. Fungsinya sebagai penutup tubuh saat beribadah membuat mukena perlu dirawat dengan baik agar tetap nyaman saat digunakan.


7 Persiapan Menjelang Berpuasa (© Bag.2)

Persiapan #2: Merawat Mukena. Bagi kaum hawa, mukena menjadi perangkat beribadah yang paling penting.

Berfungsi sebagai penutup tubuh saat beribadah membuat mukena perlu dirawat dengan baik agar tetap nyaman saat digunakan.

Saat ini, mukena diproduksi dalam beraneka bahan, warna, bahkan ornamen yang mempercantik penampilan para muslimah saat beribadah. Apapun bahan dan tampilannya, menjaga kebersihan dan kenyamanan mukena amat penting untuk dilakukan.

1. Untuk mencuci mukena, cukup direndam. Hindari penggunaan mesin cuci atau dicampur dengan pakaian lain agar tidak terkena lunturan warna cucian lain. Menggunakan mesin cuci juga membuat serat kain mukena yang lembut menjadi kusut dan kasar.

2. Rendam dalam air hangat, jangan dikucek atau disikat. Cukup direndam dalam deterjen. Pilih deterjen dengan formula lembut dan tidak keras bagi tekstur kain.

3. Jika terdapat noda, gunakan sabun atau deterjen yang lembut. Anda juga dapat memakai sabun mandi atau shampoo bayi, karena formulanya begitu lembut dan tidak merusak kain, tapi tetap ampuh membersihkan noda.

4. Hindari memakai cairan pemutih, karena formulanya cukup keras.

5. Selesai dicuci, peras secara perlahan, lalu dianginkan. Hindari menjemur langsung di bawah matahari, karena dapat membuat warnanya menjadi kusam.

6. Untuk menyetrika mukena, pertama-tama lapisi mukena dengan kain katun di bagian atasnya. Kemudian gunakan setrika dengan suhu rendah atau setting dengan suhu untuk menyetrika kain sutera. Tekan-tekan setrika di atas kain katun yang melapisi mukena, sampai ke seluruh permukaannya. Hindari menyetrika dengan gerakan mendorong, karena dapat membuat mukena menjadi kusut.

Bersambung

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft