Tue, 04 Jun 2013 12:22:39 GMT | By Editor Khairiyah Sartika, tabloidbintang.com

7 Cara Menjaga Kondisi Kuku Agar Tetap Sehat

Jika kita malas merawat kuku, maka juga akan memperngaruhi penampilan dan kesehatan tangan kita.


7 Cara Menjaga Kondisi Kuku Agar Tetap Sehat

KUKU yang sehat dengan bentuk yang indah menjadi idaman semua wanita.

Namun untuk mendapatkan ini, harus ada usaha dan perawatan yang dilakukan karena terkadanga ada penyebab eksternal sehari-hari yang tidak dapat dihindari.

Jika kita malas merawat kuku, maka juga akan memperngaruhi penampilan dan kesehatan tangan kita.

Karena itu, sebaikya Anda menyimak tujuh tips merawat kondisi kuku agar tetap kuat, cantik dan sehat:

1. Jangan mandi terlalu lama

Jika terkena air dalam waktu yang lama, kuku dapat menjadi terlalu lunak dan rapuh, terutama jika sering mandi menggunakan air panas. Ingatlah bahwa kuku juga membutuhkan perlindungan terhadap rasa panas.

2. Jangan mengigit kuku

Walaupun kebiasaan buruk ini dapat membantu proses berfikir atau membuat diri lebih tenang, namun ini merupakan cara yang berbahaya bagi kesehatan.

Dengan menggigit kuku, lapisan kuku akan terkelupas dan bakteria yang bersarang di bawah kuku juga dapat masuk ke dalam tubuh dan dapat menimbulkan penyakit.

3. Jangan lupa potong kuku

Lakukan pemotongan kuku secara berkala. Ketika kuku tumbuh panjang, ini akan beresiko membuat kemungkinan patah lebih besar. Jika menginginkan hasil maksimal, setelah potong kuku, gunakan filling untuk mengisi celah kuku agar lebih sehat dan kuat terhadap tekananan.

4. Jaga kelembaban tangan

Tak hanya lengan dan tangan, kuku pun membutuhkan pelembab. Sebelum menggunakan pelembab, cuci tangan lalu oleskan secara menyeluruh ke tangan hingga kuku.

5. Lindungi menggunakan sarung tangan

Banyaknya kandungan pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kuku, membuatnya menjadi tak indah dan mengelupas.

Jika Anda tipe orang yang suka pekerjaan yang menuntut fisik dan tekanan terhadap kuku, maka kenakan sarung tangan untuk mencegah ini semua.

6. Kesehatan kuku dipengaruhi pola makan

Vitamin tak hanya baik bagi tubuh, namun kuku juga memerlukan zat ini agar tetap terjaga kesehatannya. Beberapa zat yang harus dikonsumsi antara lain:

Vitamin B: Berasal dari kacang-kacangan, jamu, kuning telor, sardine, pisang, caulfilower dan hati. Kandungan vitamin ini membantu menjaga kuku agar tak membelah dan mengelupas.

Kalsium dan kedelai: Kandungan ini sangat penting karena kuku terbentuk hampir sepenuhnya dari kalsium. Jika ingin mencari makanan bersisi klasium, coba yogurt, keju, tempe dan tahu.

7. Gunakan cat kuku yang baik

Dengan mengecat kuku, kesepuluh jari Anda akan terbantu sehingga tidak mudah rapuh. Saat sudah akan mengelupas, jangan langsung ditarik. Manfaatkan pembersih kuku (aseton) untuk menghilangkannya.

(tika/gur)

dari berbagai sumber

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft