Mon, 09 Jul 2012 14:45:58 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

5 Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan

Berciuman, menurut pengamatan medis, tidak hanya bertujuan untuk menunjukkan rasa cinta terhadap pasangan.


5 Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan

BEBERAPA negara menetapkan tanggal 6 Juli sebagai National Kissing Day.

Berciuman, menurut pengamatan medis, tidak hanya bertujuan untuk menunjukkan rasa cinta terhadap pasangan.

Kegiatan yang satu ini juga memberi manfaat luar biasa bagi kebugaran tubuh.

1.    Menekan stressSebuah studi di tahun 2009 menyebutkan berciuman dapat membantu pembentukan hormon oxytocin yang menekan hormon pemicu stress. Tubuh perlahan menjadi rileks dan otak pun terasa tenang.

2.    Membakar kaloriMemang tidak sebanding dengan berolahraga di gym, tapi berciuman dapat membantu mengikis lemak dan membakar kalori dalam tubuh. Seperti diberitakan Self.com, gerakan otot rahang yang aktif saat berciuman dapat membantu menurunkan 2-6 kalori per menit.

3.    Menyehatkan gigiBerciuman dapat merangsang produksi air liur, terlebih jika aktivitas ciuman mulai memanas dan memasuki fase “wet kiss” atau “French kiss”. Air liur dalam jumlah banyak dapat membantu menghilangkan bakteri-bakteri berbahaya di gigi dan mengurangi pembentukan plak. Demikian menurut dokter gigi Mathew Messina kepada WebMD.

4.    Memperkuat daya tahan tubuhPopular Science mencatat, saat berciuman terjadi proses pertukaran bakteri baik dalam air liur. Bakteri ini berkhasiat untuk membantu pembentukan daya tahan tubuh. Namun waspada jika pasangan sedang mengidap penyakit, seperti flu atau batuk, karena dapat tertular dengan cepat saat berciuman.

5.    Meredakan alergiSebuah riset di Jepang menemukan pasangan yang berciuman selama total 30 menit memiliki kadar allergen-specific IgE yang lebih rendah. Allergen-specific IgE merupakan protein yang memicu terjadinya gejala alergi, seperti bersin dan gatal di hidung.

dari Berbagai Sumber

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft