Fri, 01 Jun 2012 21:21:42 GMT | By Editor Renny Y. Adystiani, tabloidbintang.com

“Retro Running”, Olahraga Lari Mundur untuk Membakar Kalori

Sebuah komunitas asal Inggris mencoba olahraga yang unik dan tidak lazim. Olahraga ini mereka juluki Retro Running, yaitu berlari bukan ke arah depan, tetapi mundur ke belakang.


“Retro Running”, Olahraga Lari Mundur untuk Membakar Kalori

LARI menjadi olahraga yang ampuh membakar lemak dan kalori. Ternyata manfaat ini dapat dirasakan tak peduli kemana arah Anda berlari, maju atau mundur.

Sebuah komunitas asal Inggris mencoba olahraga yang unik dan tidak lazim. Olahraga ini mereka juluki Retro Running, yaitu berlari bukan ke arah depan, tetapi mundur ke belakang.

Sebutan Retro Running menggambarkan layaknya adegan flashback atau mundur ke masa lalu, sama seperti gerakan mereka saat berlari.

Selain di Inggris, olahraga ini juga menarik perhatian para pecinta olahraga di sejumlah negara dengan sebutan yang berbeda, seperti Backward Running atau Reverse Running.

Garret Doherty, pemegang gelar juara Retro Running, menyebutkan olahraga unik ini mampu membakar kalori tiga kali lipat dari olahraga lari konvensional.

Seperti diutarakan Doherty kepada Oddity Central, berlari mundur menggunakan lebih banyak otot daripada saat berlari maju. Dalam gerakan lari konvensional, tumit lebih dulu mendarat kemudian disusul dengan jemari kaki.

Gerakan ini dapat menyebabkan rasa sakit pada sendi-sendi kaki. Sebaliknya, dalam Retro Running bagian kaki yang menyentuh tanah terlebih dulu ialah bagian jemari, baru diakhiri dengan tumit. Gerakan ini membuat bagian sendi-sendi dan tulang lutut bergerak dengan lebih aktif.

Berlari mundur juga membuat otot-otot bagian abdomen bawah lebih banyak bekerja, berbeda dengan lari maju yang mangandalkan otot-otot punggung bagian bawah.

Tak banyak pula yang mengetahui bahwa Retro Running dapat mencegah luka dan rasa sakit yang timbul setelah berolahraga.

Retro Running juga kerap kali dilakukan para atlet marathon yang sedang dalam masa penyembuhan setelah mengalami kecelakaan saat berolahraga.

Namun rupanya Retro Running bukanlah olahraga yang dibuat karena iseng. Faktanya, olahraga lari mundur telah dilakukan warga Cina selama ribuan tahun dan dipercaya mampu membuat tubuh tetap langsing dan mengurangi resiko kecelakaan saat berolahraga. Di abad ke-20 olahraga ini muncul kembali dan merambah hingga ke AS dan Inggris.

(rere/gur)

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft