Updated: Sat, 23 Jun 2012 17:42:52 GMT

Mencicipi Dodol Besemah dan Lemang Khas Pagaralam

Setelah dinyatakan memecahkan rekor MURI, ribuan warga langsung berebut mengambil kuliner khas yang mereka anggap sebagai makanan paling istimewa tersebut.


Mencicipi Dodol Besemah dan Lemang Khas Pagaralam

Liputan6.com, Pagaralam: Ribuan warga Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan, menggelar demo memasak dodol besemah dan kue khas lemang. Makanan tersebut terdiri dari 80 cita rasa dan puluhan kawah dodol yang terkenal terasa enak dan gurih di seantero nusantara.

Tak tanggung-tanggung, warga yang masak datang dari 21 kelurahan. Mereka berkumpul di Alun-Alun Kota Pagaralam untuk memasak 2012 batang lemang 80 cita rasa dan 12 kawah dodol. Ini dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-11 Kota Pagaralam.

Semua warga tumpah ruah menunggui masakan kue lemang dan dodol. Setelah dinyatakan memecahkan rekor MURI, ribuan warga langsung berebut mengambil kuliner khas yang mereka anggap sebagai makanan paling istimewa tersebut.

Biasanya dodol dan lemang di Pagaralam disajikan kepada tamu penting atau disiapkan saat persedekahan dan pesta perkawinan. Serta menjadi santapan penting saat Ramadan dan dan dihidangkan pada Idulfitri.

"Kita memotivasi masyarakat Membuat lemang 80 cita rasa sehingga orang mau berwistawa ke Pagaralam. Ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar Wali Kota Pagaralam Djazuli Kuris.

Makan dodol Pagaralam juga terasa klasik dan unik karena selalu menggunakan sayak, batok kelapa tua yang dibersihkan dilapisi daun kelapai.(ULF)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft