okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2013, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 03 Jan 2013 17:29:20 GMT | By tuty, okezone.com

Tren Fesyen, Hijau untuk 2013



Tren Fesyen, Hijau untuk 2013

BERKENAAN dengan isu green living atau gaya hidup yang ramah lingkungan, dunia fashion, melalui Pantone Inc., menetapkan hijau emerald sebagai tren warna 2013.

"Hijau adalah tema besar yang memengaruhi berbagai sektor, dari politik, industri, hingga gaya hidup, termasuk di dalamnya fashion yang semakin serius menggarap industri yang berkelanjutan," kata Direktur Eksekutif Pantone Color Institute Leatrice Eiseman. "Singkatnya, pada 2013, green is the new black," tambahnya. Hijau, ungkap Eiseman, sudah menjadi warna utama dalam fashion sejak era 90-an, ketika gaya hidup kembali ke alam mulai menjadi tren.

Namun, para pelaku mode belum melihat hijau sebagai elemen utama dalam fashion, kebanyakan hanya dihadirkan sebagai elemen tambahan. "Hijau memang bukan warna baru dalam fashion, bahkan warna ini sudah banyak digunakan pada 90-an, tapi sekarang karakter hijau sebagai warna utama semakin menonjol, terutama dengan adanya latarbelakang psikologis dari hijau sebagai warna yang memberikan ketenangan, keseimbangan, dan juga kepedulian terhadap lingkungan," ujar Eiseman.

Lebih dari itu, Eiseman juga menambahkan hijau emerald yang dipilih Pantone juga merupakan warna yang melambangkan pertumbuhan, pembaruan, regenerasi, serta kesatuan. "Semua hal yang kita perlukan untuk menuju kehidupan yang lebih baik," kata Eiseman.

Di atas catwalk, tren hijau emerald ini sudah muncul di pertunjukan Michael Kors, Nanette Lepore, dan Vivienne Tam. Tidak ketinggalan Tracy Reese yang membuat hijau terlihat kenes dalam bentukan pita.

Menyeberang ke desain interior, hijau menjadi padanan yang pas untuk berbagai macam warna lainnya, mulai hitam, biru, putih, hingga kuning.

"Tambahkan hijau sebagai elemen di ruang keluarga atau dapur, dan Anda pun bisa mendapatkan sentuhan kesegaran," terang Eiseman.

Pun di dunia kecantikan, hijau tidak luput digunakan sebagai warna tata rias untuk mempercantik wajah. Sephora sudah mengaplikasikan hijau dalam ragam pemulas mata, eyeliner, maskara, serta cat kuku.

"Hijau adalah warna yang penuh gairah dan sangat versatile," kata Senior Vice President Merchandising Sephora Margarita Arriagada.

Sementara di Indonesia, tren warna ini sudah diadaptasi label kosmetik Sariayu Martha Tilaar untuk rangkaian tata rias terbarunya, Pesisir Sentrajava. Terinspirasi biota laut di dasar Laut Jawa yang kemudian disarikan dalam koleksi Karimunjawa, menghadirkan paduan warna hijau zamrud, ungu, dan kuning.

Tren warna 2013 memang kontras dengan tren warna sebelumnya, tangerine tango atau palet merah oranye. "Memang hijau emeralddan tangerine tango sangat kontras, tapi kita juga bisa melihat sisi transformasi dengan kekontrasan dua tren warna tersebut. Konsumen secara sadar berpindah dari sesuatu yang eksperimental ke gaya yang lebih dewasa dan anggun," pungkas Eiseman.

Unsur Penting Mode

Bagi dunia fashion, warna memegang peranan penting. Pasalnya, warna merupakan unsur yang pertama terlihat, juga yang paling lama dan mudah diingat. Color & Image Consultant Irma Hadisurya mengatakan, dalam bisnis dan industri, warna sering disebut sebagai the silent sale person atau elemen yang bisa menjual tanpa perlu payah berusaha.

Lebih lanjut, Irma juga menjelaskan bahwa warna adalah unsur utama dalam dunia desain, termasuk mode, interior dan dekorasi, juga industri lainnya. Karenanya, dibutuhkan sebuah pakem yang menentukan warna mana yang cocok untuk suatu waktu tertentu atau mampu menggugah emosi dan suasana hati. Selain itu, hasil riset menunjukkan bahwa sekitar 65% keputusan belanja konsumen dipengaruhi oleh warna dan kemasan.

"Warna mampu menciptakan kesan, menyampaikan pesan, bahkan menggugah ingatan. Karenanya, dalam dunia desain, warna tidak statis, melainkan dinamis, cenderung bergonta-ganti," ujarnya.

"Terkadang, warna-warna tertentu secara serempak membanjiri pasar, dicari, dan dikenakan banyak orang, lalu selang beberapa waktu kemudian digantikan warna lain. Itulah yang kita sebut tren warna," papar Irma.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Mode and Kecantikan Lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft