Thu, 22 Dec 2011 12:46:19 GMT | By Amanda Syarfuan
Memasak dengan Adriano Zumbo

Adriano Zumbo dan Ike Malada



Previous1 of 12Next
Bagikan Galeri Ini

Bila Anda penggemar serial Masterchef Austalia dan Junior Masterchef Australia, maka sudah pasti Anda tidak asing lagi dengan sosok Adriano Zumbo yang beberapa kali hadir sebagai juri tamu di kedua acara tersebut.

Pria asal Australia ini memang terkenal sebagai seorang patissier (ahli pembuat kue yang sudah melewati masa pelatihan yang panjang) dimana kepiawaiannya membuat berbagai dessert kini membawa namanya menjadi salah satu bintang patissier di Australia. Beberapa orang bahkan memujinya sebagai seorang yang jenius dalam menciptakan berbagai resep dan teknik baru dalam dunia kuliner.

Keahilan Zumbo sendiri adalah membuat macaron (sejenis kue kering asal Perancis yang dibuat dari adonan putih telur dan tepung almond dan diisi dengan selai atau coklat). Awal tahun 2011 ini, Ia baru saja mengeluarkan buku masak khusus berisi resep-resep dan teknik pembuatan kue olehnya yang diberi judul "Zumbo!"

Pertengahan bulan Desember kemarin, Zumbo berkunjung ke Jakarta bersama rekannya Darren J. Robertson sebagai koki tamu untuk acara The Golden Ticket, sebuah acara makan malam tahunan yang diadakan oleh The Nest Grill, sebuah restoran yang terletak di Lumina Tower,The Kuningan Place, Jakarta.

Setelah empat hari berturut-turut memanjakan lidah para pengunjung The Nest Grill dengan berbagai jenis dessert yang kreatif dan mengejutkan, Zumbo juga membuka kelas memasak selama satu hari.

Di dampingi oleh chef Ike Malada dan Arnold Poernomo dari The Nest Grill, hari Selasa kemarin (20/12) Zumbo mempraktekan cara pembuatan dua menu spesialnya di depan puluhan peserta.

"Membuatnya tidak susah, namun memang butuh latihan yang banyak. Untuk tahu apa yang kita buat benar atau tidak bukan hanya dari takaran bahan yang pas, namun juga dari hasil percobaan kita masing-masing," jelas Zumbo saat memeragakan cara pembuatan macaron. "Saya bisa tahu bahwa adonan ini benar atau salah hanya dengan melihat, namun itu karena saya sudah membuatnya berkali-kali untuk bisa membedakan bentuk adonan yang akan jadi dan yang akan gagal," lanjutnya.

Yang menarik di kelas memasak yang diadakan di Valcucine Kemang ini adalah, bahwa semua bahan dasar yang digunakan Zumbo adalah produksi lokal yang bisa Anda beli di supermarket atau toko khusus memasak yang ada di Indonesia. Hal ini seperti mematahkan banyak kepercayaan bahwa untuk hasil kue yang baik, bahan dasar impor lebih baik daripada produk lokal. Begitu juga dengan pemilihan rasa, hari itu Ia memeragakan cara pembuatan Pandan Ganache Macaron yaitu macaron dengan isi coklat putih rasa pandan dan Mangosteen Perfection, kue sus rasa buah manggis, yang Ia dapatkan saat diajak berjalan-jalan di pasar sehari sebelumnya.

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft