okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Fri, 18 Nov 2011 16:11:44 GMT | By tuty, okezone.com

Pintar Desain Air Mancur



Pintar Desain Air Mancur

SUARA gemericik air yang dihasilkan air mancur mampu menghilangkan kepenatan. Elemen ini juga dikenal bisa menghadirkan keasrian dan kesegaran di dalam taman.

Menikmati hijau taman di sore hari dengan secangkir teh atau bercengkerama bersama keluarga, rasanya belum afdal tanpa "ditemani" suara air. Saat ini menghias taman tidak harus selalu terpaku pada penerapan tanaman hijau saja. Unsur air pun dapat dimasukkan sebagai ornamen yang mampu menghidupkan suasana di taman Anda.

Tidak hanya terbatas sebagai tempat merelaksasikan diri, adanya kolam dengan air mancur di taman juga bisa dijadikan pendingin aliran udara yang masuk ke rumah. Selain itu, kolam dengan air mancur memiliki fungsi visual sebagai penghilang kejenuhan dan memberikan nilai estetika tersendiri. Namun, terkadang air mancur, terutama yang berbentuk tebing, memerlukan area cukup luas untuk membuatnya. Bagi Anda yang hanya memiliki lahan sempit, jangan langsung berkecil hati. Air mancur dengan gaya etnis Bali yang berukuran kecil bisa dijadikan pilihan yang pas.

Arsitek lanskap Herlin Wibowo menuturkan, idealnya kolam dengan ornamen air mancur memiliki ukuran 4x6 meter. Tapi jika lahan yang tersedia tidak memadai untuk membuat kolam panjang,tak ada salahnya membuat kolam dengan air terjun minimalis atau Bali. Ukurannya bisa dua meter persegi. Sementara untuk bagian air terjunnya bisa dibuat dari bahan beton yang berukuran 30x20 cm.

Dengan semakin majunya desain lanskap saat ini, tentu sangat tidak menyulitkan bagi Anda untuk mendekor air terjun sendiri di taman. Hanya dengan menggunakan desain yang simpel, air terjun indah dan menggoda mata akan bisa tercipta.

Sama halnya dengan mendekorasi bagian interior rumah, dalam mendesain air terjun untuk taman Anda juga harus menentukan tata letak yang pas. Jangan sampai air terjun mengganggu fungsi dan tampilan taman.

"Air terjun di taman bisa saja diletakkan di depan atau di dalam rumah.Bisa juga diletakkan sendiri tanpa ditemani tanaman hias," ujar Herlin.

Meletakkan air terjun tidak selalu harus berdekatan atau menyatu dengan taman.

Untuk hunian bergaya minimalis, bisa menempatkan air terjun di area halaman depan rumah. Terlebih lagi saat ini sudah banyak model air terjun minimalis yang ditawarkan oleh para penjual tanaman. Jadi, Anda tidak perlu repot membuat pola air terjun sendiri.

"Saat ini hiasan taman seperti air mancur sudah memiliki banyak pilihan, seperti desain waterwall yang bisa diletakkan di bagian interior dan eksterior rumah. Selain itu, ada juga desain air mancur yang terbuat dari pahatan batu alam," kata I Mata Wayan, salah seorang penjual dekorasi taman di kawasan Jakarta Utara.

Wayan menambahkan, menggunakan dekorasi air mancur yang sudah tersedia memang sangat mudah dan Anda tidak perlu repot mencari bahan untuk membuatnya. Meski begitu,mungkin jenis air mancur ini tidak terlalu awet dan modelnya pun cenderung lebih banyak minimalis.

Sangat berbeda jika Anda memesan atau mendesain sendiri, pasti Anda akan lebih tahu cara merawatnya dan ada kepuasan tersendiri. Air terjun biasanya dilengkapi dengan ornamen kolam kecil di depannya. Anda bisa menambahkan ikan hias atau tanaman air agar penampilannya semakin alami. Sebaiknya jika Anda menggunakan tanaman air, ditanam menggunakan wadah pot dan tidak langsung ditanam di dasar kolam.

"Keberadaan tanaman air di dalam pot ini untuk menjaga agar air di kolam tidak mudah keruh. Taburkan juga batu koral kecil di atas potnya untuk mencegah tanah larut dengan air," ujar Herlin.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam membuat air mancur adalah sirkulasinya. Dengan sirkulasi yang baik, air mancur akan bertahan lebih lama dan selalu terjaga keindahan suara gemericiknya.

Ini juga yang dikatakan Herlin. Air mancur pada umumnya dibuat berputar dengan menggunakan pompa air bertenaga listrik. Pompa bisa diletakkan di kolam atau disembunyikan di bawah konstruksi air terjun. Supaya lebih menarik, pompa air boleh disembunyikan di dalam konstruksi. Namun, jika sulit melakukannya, pompa air bisa juga disembunyikan di antara tanaman air.

"Agar jatuhnya air terlihat lebih menarik, bisa menggunakan kaca di pinggir tiap undakan atau dengan membuat beberapa lubang di pipa paralon atasnya," kata Wayan.

Anda juga bisa berkreasi dengan membuat air mancur sendiri di rumah. Konstruksinya dapat Anda buat dari batu bata yang disusun dan direkatkan menggunakan adukan trasram, tentu dengan komposisi yang pas, seperti semen dan pasir perbandingannya 1:2.

Untuk pelapis luarnya, Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis batu alam yang dapat dipakai untuk kolam air.

Wayan menambahkan, beberapa jenis batu alam bisa juga digunakan sebagai elemen penyusun air mancur, yaitu andesit, palimanan, batu candi, dan batu relief yang ditata sehingga membentuk alur. Supaya batu tersebut tidak mudah berlumut, sebaiknya diberi coating atau pelapis khusus batu alam.

Memiliki air mancur di rumah berarti Anda harus rutin membersihkan airnya. Menjaga kejernihan air kolam bisa dilakukan dengan penggunaan filter yang dibuat di bawah dasar kolam.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Mode and Kecantikan Lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft