okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Wed, 16 Nov 2011 17:57:59 GMT | By tuty, okezone.com

Sofa Cantik untuk Hunian



Sofa Cantik untuk Hunian

GAYA keseluruhan dekorasi ruang akan dipengaruhi oleh gaya sofa yang pas dan menawan. Seperti apa?

Ruang tamu merupakan salah satu tempat yang cukup penting dalam mendukung segala aktivitas di rumah. Di ruangan ini keluarga dapat berkumpul dan menikmati suasana nan nyaman ataupun menerima tamu yang datang berkunjung. Agar ruang utama ini bisa mendukung segala aktivitas tersebut, Anda tentu membutuhkan sofa.

Sofa termasuk furnitur yang paling sering dijumpai di banyak rumah. Sofa juga bisa digunakan sebagai tempat untuk istirahat, menonton TV, dan berbincang bersama keluarga ataupun teman. Banyaknya pilihan bentuk dan gaya sofa yang tersedia saat ini tentu akan membuat Anda bingung dalam menentukan model yang diinginkan. Untuk memudahkan Anda memilih sofa, sebaiknya pertimbangkan dulu sejumlah hal.

Desainer interior Ari Indra menjelaskan, langkah pertama dalam memilih sofa yang sesuai dengan gaya interior rumah adalah pertimbangkan dulu faktor kegunaan sofa tersebut di rumah Anda, misalkan untuk diduduki atau sebagai tempat beristirahat saja. Bila fungsinya untuk tempat beristirahat, sofa bed merupakan solusi jika Anda tidak memiliki ruangan yang besar.

Untuk ruang tamu sendiri, lebih baik mengikuti desain ruangan dan luas ruangan tersebut. Jangan paksakan menggunakan sofa bermodel besar pada ruang bergaya minimalis ataupun eklektik.

Kegunaan sofa adalah sebagai sarana duduk yang nyaman dan santai. Namun, apabila sofa yang dipilih ternyata tidak pas atau mengecewakan Anda, alangkah sayang sofa tersebut.

Bisa jadi, sofa itu malah akan mengubah tatanan interior rumah Anda atau ruangan menjadi terlihat sempit. Biasanya yang banyak membuat kecewa selain model sofa, yaitu ketahanan dan ukuran sofa.

"Untuk masalah ketahanan, hal yang paling utama dalam memilih sofa adalah rasa sofa itu pada saat diduduki. Kebanyakan kita selalu ingin sofa yang diduduki terasa empuk, namun sebenarnya beberapa busa yang membuat sofa itu empuk bukanlah busa yang bagus alias bukan kualitas pertama," kata salah seorang pemilik toko furnitur, Elizabeth.

Saat Anda membeli sofa, alangkah baik memilih yang tidak terlalu empuk, tapi juga tidak terlalu keras. Biasanya sofa yang dapat bertahan lebih lama dan mempertahankan bentuk sampai lama adalah sofa dengan busa yang tebal, tapi juga tidak terlalu membuat Anda tak nyaman saat duduk.

Usahakan memilih punggung sofa yang tidak terlalu masuk ke dalam saat Anda mendudukinya dan terasa nyaman di pinggang saat Anda bersandar.

"Untuk sandaran di bagian punggung, usahakan memiliki lekukan yang tidak terlalu keras seperti membentuk ergonomik bagian belakang tubuh," imbuh Elizabeth.

Bukan hanya bahan utama sofa, ukuran sofa juga masuk dalam daftar perhitungan tersendiri. Jangan sampai karena ukuran yang tidak pas, ruangan Anda semakin terlihat sempit ataupun sesak. Untuk masalah ukuran, mulailah dengan mengukur panjang dan lebar ruangan yang Anda inginkan untuk menempatkan sofa di dalamnya. Kebanyakan sofa yang telah dibeli terkadang tidak bisa masuk ke bagian dalam rumah karena ukurannya yang terlalu panjang atau lebarnya yang tidak cukup.Anda juga harus memperhatikan akses untuk ruang masuk sofa tersebut ke dalam ruangan.

"Untuk ukuran rumah minimalis,lebih baik mencari sofa yang berukuran kecil di tiap seater-nya. Misalkan sofa yang memiliki ukuran 60 x 60 cm," kata Ari.

Dalam memilih sofa, ada baiknya Anda mempertimbangkan cara pemeliharaannya. Bila bahan sofa terbuat dari kulit, maka Anda harus bersiap mempersiapkan dana khusus untuk pemeliharaan kulitnya yang cukup mahal dan memakan waktu.

"Sofa jenis kulit sangat cocok untuk ditempatkan pada ruangan yang cukup besar dan ber-AC," ujar Ari.

Selain sofa berbahan kulit, Anda akan banyak menjumpai sofa dengan bahan kain. Keunggulan sofa berbahan kain yaitu terasa lebih dingin dibandingkan dengan sofa berbahan kulit jika di dalam ruangan yang lebih panas.

"Microfiber merupakan bahan yang baik untuk sofa. Selain lebih nyaman digunakan di ruangan panas, sofa bahan kain juga sangat gampang dirawat, dan yang terpenting bahan kain cenderung lebih terjangkau dibandingkan kulit," kata Elizabeth.

Memilih sofa yang baik dan pas memang perlu kecermatan. Sofa bermodel cantik belum tentu nyaman. Kalaupun ada yang nyaman, terkadang harganya tidak murah. Tapi bila sofa tersebut membuat Anda jatuh hati dan cocok dengan ruangan Anda, tentu tidak ada salahnya memuaskan diri Anda dengan membeli sofa tersebut.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

Berita Mode and Kecantikan Lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft