okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Mon, 14 Nov 2011 17:08:45 GMT | By tuty, okezone.com

Inspirasi Asia dalam Kamar Mandi



Inspirasi Asia dalam Kamar Mandi

KAMAR mandi yang terinspirasi dari budaya Asia terlihat nyaman, tenang, dan seimbang. Kegiatan membersihkan diri pun seakan berubah menjadi upaya relaksasi untuk mengusir kepenatan.

Seiring semakin populernya simbol budaya dan tradisi khas negara di Asia ke seluruh penjuru dunia, seperti yoga, berbagai jenis ilmu bela diri, dan praktik meditasi, tidak heran meningkat pula permintaan untuk membawa rasa Timur yang lekat dengan ketenangan dan kedamaian tersebut ke dalam desain ruang tempat tinggal, termasuk dalam hal penataan kamar mandi.

"Akibatnya, dekorasi dan arsitektur yang terinspirasi dari negara-negara Asia terlihat menarik dan fashionable, terutama bila ada perpaduan yang halus antara desain bergaya Timur dan filosofi dari negara- negara Barat," kata Jasmin Kraneveldt, direktur perusahaan pemasok produk kamar mandi terkemuka, Bathroom Bizarre, seperti dikutip laman Property24.

Pada kenyataannya,saat ini orang menghabiskan lebih banyak waktu di kamar mandi, selain di kamar tidur. Kamar mandi menjadi ruang yang paling sering dikunjungi. Selain itu, ruangan ini menjadi area pertama yang didatangi ketika bangun pagi dan terakhir dimasuki sebelum beranjak ke tempat tidur. Fungsi kamar mandi juga sudah berkembang dari sekadar tempat membersihkan diri, menjadi ruang untuk relaksasi.

Anggapan kamar mandi adalah tempat yang basah, lembap, dan tidak memungkinkan seseorang betah berlama-lama berada di dalamnya, seakan pupus. Karena itu, desain dan dekorasi untuk ruangan ini terus berkembang demi mengakomodasi perubahan fungsi tersebut.

"Dan, sekarang desain kamar mandi yang terinspirasi oleh budaya eksotis Asia semakin diminati," sebut Kraneveldt.

"Keunggulan desain ini adalah berasa tenang,nyaman, anggun, seimbang, dan bisa menjadi tempat bersantai, yang semuanya merupakan elemen yang melambangkan kamar mandi sempurna," lanjut dia.

Untuk memasukkan rasa Asia dalam rancangan kamar mandi ini, Kraneveldt memberikan sejumlah saran. Buatlah desainnya secara simpel dan simetris.

"Kesederhanaan adalah sebuah kualitas penting dari tiap desain bergaya Asia sehingga sangat penting untuk memilih perabotan kamar mandi yang mencerminkan ini," katanya.

Garis-garis yang bersih dari berbagai potongan peralatan di kamar mandi dan model kran akan melengkapi satu sama lain untuk menghasilkan tampilan keseluruhan yang modern, namun pola yang terlihat sangat fungsional. Dia mengatakan bahwa tata letak yang simetris dari fitur-fitur yang ada adalah kunci lain dalam desain Asia.

"Tradisi Asia dibangun dengan simetris dan keseimbangan, mulai dari keyakinan, masakan, dan tentu saja desain rumah. Pola simetris dalam desain membutuhkan poros yang diletakkan di tengah, misalnya bathtub dengan wastafel dan meja perabot yang ditaruh di samping kiri dan kanannya," tutur Kraneveldt.

Namun, layout kamar mandi tidak selalu harus terefleksikan secara sempurna. Bahkan, dia membolehkan Anda menambahkan suatu elemen dan akses yang menarik jika pola simetris tidak memungkinkan. Contohnya, toilet dan gantungan handuk dengan ukiran kayu yang ditata di sisi kiri kamar mandi. Untuk mengimbanginya, sebuah kabinet bergaya Bali ditempatkan di sisi kanannya.

Komposisi ini seimbang, namun tidak membosankan berkat pilihan potongan-potongan fitur berbeda yang disediakan di tiap sisi kamar mandi.

"Simetris dan keseimbangan memperlihatkan sebuah pesona estetika, kesenangan, sekaligus merupakan unsur yang sangat populer di desain tata letak kamar mandi pada gaya umum," kata Kraneveldt.

Tema Asia dalam kamar mandi, lanjut Kraneveldt, mengedepankan inspirasi dari alam dengan memasukkan berbagai unsur alami.

"Menekankan bahan-bahan alami untuk meningkatkan rasa kesatuan dengan alam merupakan karakteristik desain Asia dan spiritualitas. Coba masukkan pola ini dalam semua aspek ruangan, dari warna yang Anda pilih sampai ke perabot dan furnitur, pencahayaan serta pilihan lantai," tuturnya.

Ambil contoh penggunaan lantai kayu laminasi, yang merupakan pilihan terjangkau, indah dipandang, kuat dipakai, dan karena ujung-ujungnya dilapisi lilin sehingga tahan akan kelembapan. Jika Anda mampu membelinya, lantai bambu yang solid juga merupakan alternatif yang bagus, seperti juga mosaik batu kerikil dan ubin dari batu slate atau sandstone.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft