Mon, 12 Dec 2011 09:03:29 GMT | By MULA-ANTARA



oleh: : Jon Watt, kontributor untuk MSN Him,



Tidak banyak negera di dunia yang memiliki beberapa jenis tema berbusana yang membingungkan formal, semi-formal dan informal seperti Inggris. Terjebak di antara tradisi formal abad ke-19 dan standar kasual dari masyrakat modern, kita akhirnya memiliki kode rahasia dari tema berbusana dengan campuran antara modern, sejarah, formal serta kasual sehingga anda tidak bisa membedakan antara busana formal dan baju renang.

Untungnya, MSN Him hadir di sini untuk membantu anda dalam peraturan sosial ini, dari busana formal yang tidak memiliki kebebasan berekspresi, hingga ke gaya kasual yang santai, dimana bebas menggunakan apa saja. Ikuti panduan kami untuk mengerti tema berbusana dan menghindari salah kaprah.

Tema Berbusana Dasi Putih



Bedakan antara menggunakan jas putih, undangan dasi putih adalah yang pailng antik dan tradisional dari terma berbusana formal yang membutuhkan jas berekor, dasi putih dan kemeja dengan kerah bersayap. Tren ini dimulai pada akhir abad ke-18 sebagai pakaian berkuda untuk para bangsawan tapi sekaran kadang masih diminta untuk digunakan pada acara di luar acara resmi kerajaan, kelulusan Oxbridge, pesat dansa dan terkadang untuk pertunjukan opera dan balet.

Do: Anda bisa bebas menambahkan aksesori dengan skraf putih, jas opera dan tongkat berjalan untuk sentuhan gaya era Victoria.

Don’t: Jangan menggunakan potongan klasik dan dasi putih. Jika anda menggunakan pakaian ini berarti anda pergi ke sebuah acara formal yang serius dimana gaya eksentrik akan dipandang aneh.

Tema Berbusana Kasual Bisnis



Konsep dari kasual bisnis lahir pada era 60an dimana berpakaian sederhana adalah salahsau bentuk pemberontakan melawan situasi yang ada saat itu. Sebagai tema berbusana tidak pernah benar-benar didefinisikan dan bisa sedikit membingungkan. Para tradisionalis percaya setidaknya pakaian bisni harus memiliki kerah.Namun, demam internet mengubah gaya konvensional dari berbusana di kantor dimana miliuner teknologi seperti Bill Gates, pemiliki MSN dan Microsoft, memimpin perubahan dengan menggunakan gaya yang kasual. Gaya ini sekarang tengah digemari para politikus seperti presiden US Barrack Obama yang berusaha menunjukan mereka cocok untuk anak-anak.

Cara paling aman untuk mendefiniskan kasual bisnis adala tema busana ini membutuhkan satu busana fomal yang cocok dengan gaya kasual – bisa berbentuk kemeja berkerah dengan jeans atau kaos dipadukan dengan jas dan celana kain.

Do : Gunakan yang aman. Tinggalkan jeans robek untuk para selebritis atau miliuner pemiliki perusahaan internet.

Don’t : Menggunakan logo yang terpampang jelas –itu akan membuat anda tampak seperti mendapatkan sponsor.

Tema Berbusana Dasi Hitam



Menjadi salah satu yang paling umum dan tidak terlalu ketat aturannya dari tema berbusana formal, dasi hitam adalah pakaian yang semakin berkembang sejak pengenalannya sebagai alternatif dari dasi putih pada 1860 (Pangeran Wales adalah yang pertama kali menggunakannya). Sekarang hampir semua acara formal menggunakan gaya busana ini – coba lihat acara penghargaan Bafta dan Oscar – tapi busana tradisional berkembang menjadi jas hitam atau biru gelap dengan kelepak jas mengunakan bahan sutra hitam atau satin untuk mengimbangi jahitan di luar celana.

Bahkan zaman sekkarang ada peraturan emas yang harus digunakan dengan busana dasi hitam. Yang pertama, jangan menggunakan rompi dengan ikat pinggang . Dan yang kedua, apapun yang kita impor dari Amerika, kita di Inggris tidak pernah memnggil busana itu ‘tuxedo’ dan jangan menikah menggunakannya.Do: Ingat bahwa jas ganda hanya boleh digunakan jika anda berumur di atas 50 tahun atau mencoba menutup perut.

Don’t: Jangan berpikir anda akan tampak seperti 007 jika menggunakan jas putih. Gabungan ini hanya diterima di iklim tropis. Di Inggris, anda hanya akan tampak seperti pelayan.

Tema Berbusana Sproty Kasual



Sporty kasual tidak berarti menggunakan jas dan membawa tas olahraga. Tema ini berarti gaya dengan busana sporty yang santai. Jadi, gunakan jeans, kaos polo dan sepasang sepatu olahraga dan jas yang tidak dikancing. Tas kasual pria yang digantung di pundak, seperti David Beckham di foto, juga bisa digunakan.

Do: Buka kancing teratas dari kaos polo anda.

Don’t: Menggunakan bandana olahraga dan wristband – tidak akan ada orang yang berpikir anda sedang dalam perjalanan untuk bermain Tennis di Wimbledon.

Tema Berbusana Setelan Pemakaman



Hitam sudah menjadi warna untuk duka cita sejak zaman Yunani kuno. Di Inggris, penggunaan hitam tersebar para abak ke-19 dan khususnya selama masa kedukaan panjang Ratu Victoria mengenang suaminya Pangeran Albert. Hari ini, setelan hitam dan dasi adalah yang paling direkomendasikan untuk pemakaman, kecuali diperintahkan lain. Namun, ini tidak bisa digunakan untuk acara thanksgiving, yang merayakan kehidupan dan warna-warni bisa diterima bahkan diharuskan.Do: Gunakan setelan polos gelap.

Don’t: Jangan khawatir bila tidak sempurna. Yang dibutuhkan adalah kehadiran anda.

Tema Berbusana Setelan Lounge



Setelan lounge adalah definis tradisional dari setelan sehari-hari yang pertama kali diperkenalkan di Inggris oleh Beau Brummel pada awal abad ke-19 dan masih digunakan oleh pekerja kantoran di seluruh dunia. Ketika menggunakan tema berbusana ini berarti merujuk kepada paduan jas dan celana – meski lebih santai dibandingkan busana bisnis biasanya. Anda bisa menambahkan warna dijas anda – seperti yang dilakukan Rod Stewart.

Do: Gunakan setelan ini jika anda tidak memiliki yang lain – lemari beberapa orang memiliki banyak pakaian yang tidak cocok untuk bekerja.

Don’t: Jangan gunakan dasi kupu-kupu kecuali anda mendapatkan gelar doktor atau reputasi sebagai orang eksentrik.

Tema Berbusana Kasual Smart



Teman ini adalah yang paling membingungkan. Tidak heran karena Oxford English Dictionary mendefiniskan kasual smart sebagai informal tapi tetpa pcukup pintar untuk merujuk kepada satu tema tertentu. Penjelasan yang membingungkan, tapi memberika parameter yang cukup luas untuk tem ini. Sebagai pertauran umum, kasual smart adlah satu level di atas kasual bisnis. Jas tidak perlu sesuai celana dan boleh menggunakan sweater tapi intinya tema berbusana ini menggambarkan para politikus yang berpakaian sederhana dalamliburan Natal ketika dia tahu dia masih akan difoto.

Do: Berpikir panjang dan keras sebelum menggunakan apapun yang memiliki alas siku.

Don’t: Jangan salah berbusana dari kasual smart menjadi kasual akademis seperti profesor geografi.

Tema Berbusana Informal



Kita kini meninggalkan busana formal dan masuk ke area abu-abu dimana undangan pesta pakaian informal bisa saja meminta para tamu menggunakan apa saja dari setelan sampai jeans. Normalnya, namun, gaya ini cenderung lebih kepada formal dibandingkan kasual smart – seperti setelan atau blazer denan celana dan sepatu. Jarang sekali anda ditolak masuk karena tidak menggunakan dasi tapi untuk berhati-hati siapkan satu di saku anda.

Do: Anda bisa menghubungi yang mengadakan acara dan bertanya secara jelas apa yang mereka maksud dengan busana informal – bukan hanya anda yang akan melakukannya.

Don’t: Jangan gunakan turtleneck dan jas sporty – ini bukan era 70an dan anda bukan Ron Burgundy di ‘Anchorman’



Tema Berbusana Setelan Pagi



Setelan pagi adalah busana paling penting di pernikahan Inggris dan digunakan di film ‘Four Wedding and a Funeral.’ Secara tradisional, setelan pagi digunakan pria di pagi dan siang dan akan berganti pakaian lain untuk makan malam. Zaman sekarang setelan ini digunakan oleh pengantin pria dan pendampingnya dalam pernikahan dan setiaporang yang mendapatkan OBE atau MBE dari Sang Ratu, seperti yang digunakan Lawrence Dallaglio di foto.

Setelan ini dianggap tidak terlalu formali dibandingkan setelan dasi putih dan ada tersedia beberapa ruang untuk berekspresi, dengan rompi warna-warni masih bisa diterima dan bahkan anda bisa menggunakan celana bermotif strip.

Untuk hari pacuan dan acara musim panas, setelan pagi warna abu-abu juga masih bisa digunakan.

Do: Harus sadar biasanya bahan busana terdiri dari jas bahan wool dan konsekuensinya saat hari panas anda akan berkeringat.

Don’t: Jangan lupa untuk menyimpan benda-benda unik di saku untuk mecari jas anda setelah pernikahan berakhir.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita mode kecantikan lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft