Bisnis Indonesia Health & Beauty News Feed
Updated: Tue, 08 Jan 2013 17:00:07 GMT | By Bisnis Indonesia Health & Beauty News Feed

SAKIT STROKE: Inilah cara pencegahan & penanganannya



Berita Satu

JAKARTA: Waspadai penyakit stroke, karena satu dari enam orang di seluruh dunia akan mengalami stroke dalam hidup mereka. Dan setiap detik satu orang meninggal dunia akibat penyakit tersebut.

Selain itu stroke juga merupakan penyebab utama kecacatan orang dewasa di seluruh dunia. "Oleh karena itu, orang yang mengalami gangguan stroke memerlukan rehabilitasi medik," kata Dokter Sukono Djojoatmodjo, Spesialis Saraf Rumah Sakit Premier Jatinegara, di Jakarta, Sabtu (3/11).

Sukono menuturkan masalah stroke perlu mendapat perhatian khusus. Berdasarkan data terbaru Riset Kesehatan Dasar Kemenkes, stroke merupakan penyebab kematian utama di Indonesia. Selain itu jumlah penderitanya di negara ini menduduki urutan pertama di Asia.

"Oleh karena itu masyarakat awam, pasien stroke dan keluarganya, perlu mengetahui apa itu stroke serta bagaimana mencegahnya," kata Sukono dalam acara health talk bertama Act Now Stop Stroke, yang diadakan manajemen RS Premier Jatinegara.

Dia menekankan bahwa stroke sebenanya bisa dicegah, stroke bisa diobati, dan stroke perlu pengawasan jangka panjang. Dan stroke menyerang seseorang tanpa memandang usia atau jenis kelamin.

Untuk pencegahan, ujarnya, masyarakat perlu mengenali faktor risiko dirinya, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi. Aktif secara fisik dn melakukan olahraga teratur.

"Sebaiknya melakukan diet yang sehat dengan banyak makan buah, sayur, dan rendah garam. Selain itu batasi minuman alkohol, dan stop merokok, serta belajar mengenali gejala stroke," tambahnya.

(faa)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft