BeritaSatu Logo
Updated: Thu, 27 Sep 2012 08:09:00 GMT | By BeritaSatu.com Feed kanal tips

Tips Mengolah Daging Kambing



Berita Satu

BERITASATU.COM - "Hindari mencuci daging dan mengolahnya secara langsung setelah disembelih."

Hari raya Idul Adha menjadi salah satu momen kebersamaan keluarga Indonesia pada perayaannya. Di tengah kemeriahannya itu, jutaan keluarga Indonesia menikmati beragam hidangan kambing yang menggugah selera.

Namun disayangkan, adanya keterbatasan informasi mengenai pengolahan daging kambing yang benar serta kurangnya inspirasi resep hidangan kambing membuat sajiannya kurang variatif.

Dalam sebuah kesempatan bertajuk Rayakan Kemeriahan Idul Adha Dengan Hidangan Kambing Bango Nusantara yang digelar di Rumah Maroko, kawasan Menteng, Rabu (26/9), Chef Deden Gumilar, seorang pakar kuliner tradisional memberikan tips untuk mengolah daging kambing supaya terasa lebih nikmat kala disajikan.

"Hindari mencuci daging dan mengolahnya secara langsung setelah disembelih karena akan menimbulkan bau prengus yang tajam. Untuk daging kambing yang akan langsung diolah, cara tradisional yang terbukti ampuh untuk membuat daging lebih empuk yaitu dengan membungkus daging dengan daun pepaya atau membalurnya dengan jus atau parutan nanas," terang Chef Deden.

Sedangkan untuk daging yang masih menempel pada tulang, lakukan pencucian daging dengan cara merebusnya dengan air mendidih.

"Gunakan juga di dalamnya lengkuas, jahe, daun salam, atau daun jeruk dan batang sereh untuk meminimalisir bau prengusnya," imbuh Chef Deden.

Untuk varian resep kambing otentik yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia, menurut Agus Nugraha selaku Senior Brand Manager Bango memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri, sehingga untuk mengolahnya memang membutuhkan pengetahuan lebih mengenai hal tersebut.

"Sayangnya resep-resep otentik yang tersebar di seluruh pelosok nusantara ini seringkali tidak terdokumentasi dengan baik, dan hanya diturunkan secara verbal dari generasi sehingga beresiko untuk menjadi punah dan terlupakan," terangnya.

Untuk itu, Bango melakukan dokumentasi yang menghadirkan resesp-resep unik mengenai ragam kuliner kambing nusantara yang dimuat di website www.warisankuliner.com.

"Bango berharap hal ini mampu menginspirasi para ibu untuk memperkenalkan masakan kambing yang lebih variatif di rumah untuk keluarga tercinta," tutup Agus.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft