Wed, 30 Nov 2011 17:01:15 GMT | By MULA-ANTARA

Sejumlah fakta tentang tekanan darah



Sejumlah fakta tentang tekanan darah

Kamu mungkin tak terlalu tahu tentang tekanan darah. Ayahmu atau kakekmu mungkin punya persoalan dengan tekanan darah, namun mereka sudah masuk usia pertengahan. Tekanan darah tinggi (lebih dikenal sebagai hipertensi) adalah penyakit orang tua.

Tekanan darah tinggi tak pernah ditemukan pada orang-orang berusia 20-an, tapi sekarang muncul kasus yang berbeda dari sebelumnya. Bukanlah hal yang aneh bagi laki-laki di usia 30-an memiliki tekanan darah tinggi.

"Faktanya bahwa laki-laki mengalami tekanan darah tinggi lebih awal dan lebih banyak dari wanita," ujar Professor Graham MacGregor, ketua Blood Pressure Association (BPA). "Hal itu mungkin karena mereka mengkonsumsi lebih banyak garam, walaupun ada faktor-faktor lainnya."

Itulah mengapa kita perlu tahu tentang tekanan darah – apa itu tekanan darah, nomor berapa yang harus kita miliki dan bagaimana memastikan mereka tetap sehat. Inilah faktanya.

Apa itu tekanan darah?
Tekanan darah, seperti yang sudah diduga, memompa dinding pembuluh darah. Jika terlalu tinggi, dapat merusak arteri bahkan jantung.

Lebih banyak laki-laki daripada perempuan yang menderita tekanan darah tinggi dan lebih sering terjadi di usia yang lebih muda. Secara keseluruhan, angka BPA menyebutkan bahwa satu dari tiga orang dewasa di Inggris memiliki tekanan darah tinggi dan satu dari mereka tak tahu bahwa mereka memilikinya.

Namun situasinya bisa lebih buruk dari itu. Menurut survey terakhir oleh Lloyds Pharmacy, dikhawatirkan 35% dari mereka yang berusia 16-34 memiliki hipertensi, dan satu dari 20 orang menunjukkan tekanan darah yang parah atau sangat parah. Para ahli menempatkan hasil tertinggi pada orang yang suka mengkonsumsi alkohol dan diet yang buruk.

Bagaimana kamu tahu tekanan darahmu tinggi?
Jawaban sederhananya cukup sulit. Hipertensi adalah salah satu penyakit licik yang cenderung tak menimbulkan gejala sampai kerusakan nyata terjadi.

Tentu saja kamu harus mengecek tekanan darah saat kunjungan rutin ke dokter. Jika kamu memiliki angka, menurut BPA, 120/80. Jika tekanan darahmu di bawah 120 di atas 80 kamu beresiko lebih rendah terkena tekanan darah tinggi. Jika lebih tinggi dari itu, maka lebih tinggi juga resikonya.

Jika kamu tak tahu berapa angkamu, paling tidak kamu menyadari beberapa factor yang menyebabkan tekanan darah tinggi,. Jika kamu kelebihan berat badan, banyak minum alkohol, makan terlalu banyak garam dan terlalu sedikit makan buah dan sayuran, jarang berolah raga, maka kamu termasuk orang yang beresiko terkena hipertensi.
What problems does high blood pressure cause?

tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama stroke, serangan jantung, gagal jantung dan penyakit ginjal. Jelas itu merupakan penyebab berbagai masalah kesehatan, dan seperti dikatakan, biasanya kamu tak merasakan gejalanya sampai kerusakan terjadi. Itulah mengapa penyakit ini disebut sebagai 'pembunuh tersembunyi'.

"Sekitar 62.000 kematian karena stroke dan serangan jantung terjadi karena tekanan darah yang buruk," ungkap BPA.

Tentu saja jika kamu berumur 30 tahun, kamu mungkin tak beresiko terkena serangan jantung. Namun kamu dapat saja menyimpannya dan mengembangkan gaya hidup yang menyebabkan naiknya tekanan darah selama beberapa tahun ke depan.

Ada hal lain yang perlu diperhatikan. Berdasarkan penelitian dokter sppesialis University of Athens di Yunani, laki-laki dengan tekanan darah tinggi dua setengah kali lebih mungkin menderita disfungsi ereksi daripada laki-laki dengan tekanan darah normal.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan darah tinggi?
Pertama, lakukan tes GP segera. Professor MacGregor dari BPA yakin laki-laki yang memiliki riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi, stroke atau serangan jantung, mereka harus memeriksa tekanan darah secara rutin sejak umur 20.

Mulailah dengan latihan rutin (secara perlahan, jika kamu sudah lama tak berlatih), makan makanan sehat dan kurangi minuman keras.

Garam merupakan factor utama dalam tekanan darah tinggi jadi kurangi garam dalam masakanmu. Namun penjahat sebenarnya yakni makanan siap saji, makan di luar dan makanan yang dibawa pulang, serta makanan olahan.

semua makanan sampai ke sereal untuk sarapan ditemukan berkadar garam tinggi, jadi lebih bijaksana untuk memeriksa kadar garam sebelum membelinya.

Beberapa dokter mengatakan bahwa kemarahan bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, terutama kemarahan yang tersembunyi. Jika kamu sering merasa marah namun kamu sembunyikan kemarahan itu, kamu beresiko terkena tekanan darah tinggi.

Jadi, jika kamu merasa frustasi pada hari kerja, pergilah treadmill atau ambil guling tinju dan pukullah di dalam garasi, hal itu lebih menyehatkan.

Tekanan darah rendah
Untuk setiap yin ada yang. Namun dalam kasusini, lawan dari hipertensi - hipotensi – jarang ditemukan jadi tak perlu khawatir.

Kadang-kadang tekanan darah dapat jatuh ke titik terendah, jika ini terjadi segera periksa ke dokter. Namun seringnya tekanan darah rendah bagus untuk kesehatan, sebab semakin rendah tekanan darahmu, semakin rendah resiko terkena stroke atau serangan jantung.

Bergerak
Jika kamu khawatir tentang tekanan darahmu, pergilah ke dokter. Namun jika kamu seorang pria muda, ada berita bagus untukmu : lakukan semua hal yang memberimu energy lebih semua hal yang bersemangat maka tekanan darahmu akan stabil.
Ini berarti si pembunuh diam-diam takkan bisa merusak tubuhmu.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita mode kecantikan lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft