Fri, 25 Nov 2011 00:13:30 GMT | By MULA-ANTARA

Berurusan dengan Orang yang Super Kompetitif



Berurusan dengan Orang yang Super Kompetitif

Jika teman atau kolegamu super kompetitif dan membuat hidupmu sengsara, inilah hal-hal yang harus kamu lakukan.

Kita semua kompetitif. Kita ingin pekerjaan terbaik, nilai terbaik atau kursi terbaik di pesawat jam 11.15 ke Manchester. Tak ada yang salah dengan hal itu tentu saja. Kompetisi yang sehat memastikan kita mendapatkan kehidupan yang layak.

Namun beberapa dari mereka berkompetisi terlalu jauh. Mereka akan melangkah ke puncak walaupun itu berarti harus mendorong orang lain dalam perjalanan tersebut.

Kamu akan menemukan orang-orang yang super kompetitif di setiap lapisan kehidupan, mulai dari tetangga yang berjarak lima langkah dari rumah, sampai ke kantor atau ruang rapat. Mereka harus menang di setiap kesempatan, dan kemenangan tersebut termasuk ketenangan pikiranmu sendiri.

Kamu dapat menghindari situasi tersebut walaupun tidak selalu. Jadi inilah beberapa cara mengidentifikasi orang-orang seperti itu, dan berdamai dengan kondisi tersebut.
Bagaimana mengenali orang-orang yang super kompetitif?

Pertama, harus diingat bahwa menjadi kompetitif tidaklah buruk – namun jika berlebihan itu akan menjadi buruk. Jika seseorang ingin menjadi yang terbaik, namun diimbangi dengan menghormati rekan kerja atau teman setim, kompetisi tersebut tak menjadi masalah.

Orang yang super kompetitif cenderung mengagungkan nilai di atas segalanya, bahkan persahabatan. Jadi keinginan mereka untuk mendapatkan pujian dan kekaguman dari orang lain atau untuk memenangkan kompetis membuat mereka menghalalkan segala cara termasuk berbuat curang, menghasut, memfitnah atau menjilat. Mereka mungkin menikammu dari belakang terutama jika kamu dianggap sebagai lawan.

Bahkan bisa lebih buruk. Krisis ekonomi berarti – dalam hal pekerjaan – mayoritas kita bersaing untuk sumber daya yang lebih sedikit, bahkan terkadang menjadi lebih egois. Satu survey menemukan bahwa rata-rata pekerja melihat sepertiga rekan kerja mereka sebagai orang yang super kompetitif.

Mengapa beberapa orang super kompetitif?
Persaingan yang ekstrim tampaknya mnejadi bagian dari kehidupan beberapa orang. Banyak orang bisnis yang sukses digambarkan sebagai orang dengan kepribadian tipe A – yang berarti mereka tak sabaran, sering bermusuhan dan super kompetitif.

Beberapa yang lainnya bermasalah dengan harga diri dan merasa perlu terus-menerus menilai prestasi mereka terhadap orang lain. Beberapa juga mengadopsi apa yang disebut psikolog sebagai 'model sumber daya yang langka', ini berarti mereka melihat segala sesuatunya serba hitam dan putih.

Rekan kompetitifmu mungkin melihat dirimu sebagai hambatan untuk sukses.
Sederhananya, jika kamu punya sesuatu yang tak mereka miliki, mereka akan berusaha mengalahkanmu.

Beberapa orang sangat narsis dan sombong, dan melihatmu, menurut psikolog Dr Melanie Greenberg, "sebagai ancaman untuk mencapai keberhasilan mereka, atau sebagai objek untuk dimanfaatkan dan dimanipulasi untuk memenuhi kebutuhan mereka atau meningkatkan sumber daya mereka".

Pengaruh perilaku mereka sangat serius. Melanie yakin orang-orang kompetitif tersebut dapat "memicu perasaan jengkel, cemas atau ketidakmampuan". Pertarungan terus-menerus dengan orang seperti itu bisa membuatmu lelah bahkan depresi.

Berurusan dengan orang yang super kompetitif

Menurut psikolog, ada beberapa cara untuk berurusan dengan orang yang selalu ingin tampil atau ingin selalu terlihat lebih baik.

Pilihlah teman dan rekan…
Jika ada persaingan tak sehat di kantor atau dalam kelompokmu, bertemanlah dengan sebanyak mungkin orang-orang yang kooperatif. Bersatulah dengan mereka. Kamu tak perlu merasa iri dengan keberhasilannya serta tunjukkan padanya bahwa kamu menyukainya, dan kamu tak merasa tersaingi.

Berikan pujian
aneh mungkin tampaknya, memberikan pujian pada orang yang super kompetitif terkadang bisa meredam mereka dan membuat mereka melihatmu sebagai sekutu daripada sebagai musuh.

Bukan berarti mereka akan mengubah perilakunya – mereka hanya akan mengarahkan serangan ke orang lain daripada kepadamu. Pujian hanya berhasil pada orang merasa dirinya tak aman.

Mengubah topic pembicaraan
apakah itu bualan tentang teman yang mendapatkan kontrak terbesar atau seorang teman yang tak siap menghadapi tantangan, sebuah taktik sederhana mengganti topic pembicaraan.

Lakukan beberapa kali dan mereka akan mendapatkan intinya. Terlihat sedikit brutal, jadi gunakan taktik ini hanya jika mereka benar-benar membuat semua orang “gerah”.

Tingkatkan prestasimu
Dalam situasi kerja, meningkatkan prestasi kerja mungkin berhasil. Secara khusus, mengingatkan rekan kerja yang super kompetitif tentang prestasimu mungkin berguna. Orang super kompetitif sering terkesan dengan status seseorang, dan mengingatkannya mungkin membuat mereka menghormatimu.

Tentu saja mereka mungkin masih ingin menyalipmu, namun mereka tak ingin menjatuhkanmu saat melakukannya. Mereka mungkin melihatmu sebagai seseorang yang mungkin berguna bagi mereka – dan seseorang untuk tetap dipertahankan.

Bekerjasamalah
Bekerjasamalah sewajar mungkin. Sarankan untuk bekerjasama dengan teman super kompetitifmu dan pastikan orang-orang penting mengetahui hal ini.
Bekerja dengan si super kompetitif merupakan salah satu cara untuk menunjukkan kemampuanmu.

Pastikan selalu ada pekerjaan dan tanggung jawab untuk menunjukkan kemampuanmu, dan di akhir proyek berikan pujian pada semua orang yang terlibat, jadi si Mr Kompetitive akan terlihat sangat egois – dan tak jujur – jika ia mencoba menaikkan namanya sendiri.

Waspadalah
Jika kamu menghadapi seseorang yang super kompetitif, ia bisa saja menjadi licik sehingga kamu harus tetap wapada. Jangan membagi informasi dengannya karena dapat digunakan untuk kepentingannya sendiri, dan pastikan pekerjaanmu dapat membuatmu semakin bersinar.

Jika perilakunya sudah sangat keterlaluan, kamu bisa mendiskusikannya dengan bosmu. Dalam momen pribadi, biarkan ia tahu bahwa keberhasilannya merupakan keberhasilan bersama, dan terangkan padanya bahwa perilakunya merusak moral kelompok.

Jika seorang teman atau rekan kerja super kompetitif sehingga mengganggu kesehatan, kebahagiaan atau karirmu, jangan diam saja. Dengan strategi yang tepat, kamu dapat menangani mereka atau membuat perhatian mereka beralih ke tempat lain.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita mode kecantikan lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft