Tue, 22 Nov 2011 07:35:06 GMT | By MULA-ANTARA

Bagaimana Cara Pria Menghadapi Depresi



Bagaimana Cara Pria Menghadapi Depresi

Richard Bevan, contributor, MSN Him

Depresi terjadi kepada satu dari empat orang pada satu titik dalam hidup mereka dan dengan iklim kerja saat ini yang tidak memberikan keamanan, kekhawatiran akan keuangan, dan tingkat pengangguran yang semakin banyak membuat makin banyak pria menderita depresi. Bila menghadapi depresi akut pria lebih memiliki kecenderungan untuk melakukan tindakan bunuh diri dibandinkan wanita.

Sayangnya ketika saatnya untuk mengakui masalah emosional beberapa pria dapat seprogresif seperti karakter keras kepala di film komedi "Men Behaving Badly" -- mencari bantuan profesional dianggap lemah atau tidak jantan. Salah satu respon yang cukup mengganggu adalah keluar dan mabuk-mabukan.

Jika kamu menyadari adanya perubahan dalam suasana hati dan tingkah laku anda, sampai pada titik dimana hidup terasa sangat berat, kemudian apa yang bisa kamu lakukan?

Kembali ke jalur yang benar

Dr James Bolton adalah seorang konsultan psikiatri di South West London & St George's Mental Health dan NHS Trust. Dia menggambarkan perbedaan antara depresi yang sebenarnya dibandingkan dengan perasaan kesal semata.

"Itu (depresi) adalah ketika perasaan kesal menjadi sebuah penyakit dan ketika hal itu berlangsung terus selama sepekan atau jika perasaan itu mulai mempengaruhi seluruh aspek kehidupan seorang pria. Itu mungkin membuat mereka kurang berhasil dalam sebuah hubungan, dalam pekerjaan, atau menjadi orang tua."

"Mereka merasa kalau mereka dapat menikmati kegiatan yang biasa mereka nikmati seperti menyaksikan pertandingan olahraga atau menghabiskan waktu bersama teman-teman mereka. Mereka tidak tertarik untuk bertemu orang lain dan sering kali mereka hanya menutup diri mereka. Dalam pekerjaan mungkin ini merupakan kasus dimana mereka tidak dapat memfokuskan mereka. Akibat paling buruk, perasaan tidak memiliki harapan itu membuat mereka berpikir kalau mereka lebih baik mati."

Perhatikan Perubahan Fisik

Gaya hidup yang sangat sibuk ikut berkontribusi menyebabkan munculnya macam-macam reaksi tubuh. Dr. Bolton mempercayai bahwa adanya pergerakan yang tiba-tiba saat tidur merupakan salah satu gejala fisik yang disebabkan oleh depresi.

“Sulit tidur, sering terbangun tengah malam, atau terlalu dini bangun dipagi hari, merupakan tanda-tanda fisik yang potensial menyebabkan depresi. Kebanyakan tanda-tanda itu akan menyebabkan seorang pria kehilangan nafsu makan, berat badan berkurang, libido dan berkurangnya gairah seksual.”

Jadi, jika anda mengalami berkurangnya keinginan seksual selama beberapa minggu, bisa jadi itu adalah tanda-tanda seriusanda mengalami depresi.

Putus Cinta Karena Depresi

Satu alasan yang tepat untuk menjadi profesional adalah menjaga hubungan baik anda dengan seseorang. Orang yang mengalami depresi sangat sulit untuk memahami apa yang terjadi pada dirinya sendiri.

Malu atau enggan meminta bantuan orang lain hanya akan menambah rumit permasalahan.

“Jika ada seorang pria tiba-tiba menjadi sangat emosional, pemarah dan merasa sedang kesulitan, hal itu akan memberikan dampak pada hubungannya dengan seseorang,” kata Dr.Bolton. “Terutama bila teman yang ingin mencoba menolong anda tapi tidak tahu bagaimana caranya. Hubungan pernikahan dan pertemanan bisa jadi hancur karena adanya tekanan itu.”


Carilah Bantuan

Yang pertama harus anda ketahui adalah bahwa depresi adalah sebuah penyakit. Hal ini bukan karena lemahnya karakter seseorang atau adanya perasaan malu. Jangan pernah mengangap bahwa orang tidak punya waktu untuk anda atau tidak peduli pada masalah anda.

Dr.bolton menekankan pentingnya berbicara pada seseorang yang mau mendengarkan anda. Biasanya orang yang terbaik untuk diajak bicara adalah teman atau keluarga, ceritakan saja apa yang anda rasakan. Anda bisa menjadi lebih terbuka mengenai apa yang anda alami. Dan sangat menyenangkan bila teman anda menjadi lebih mengerti dan menunjukkan bahwa ia benar-benar memahami masalah anda.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari bantuan. Dr.Bolton menjelaskan berbagai ketakutan dalam hal kepercayaan diri.

“Pembahasan tentang masalah mental adalah kepercayaan diri. Meskipun hal itu dapat dikategorikan sebagai penyakit yang sama dengan penyakit-penyakit lainnya. Meskipun para pekerja banyak yang mengalami depresi, tapi satu dari empat fakta menyatakan bahwa depresi dapat disembuhkan.”

Pengobatan

Salah satu bentuk treatment/pengobatan anti depresi yang bermanfaat bagi kebanyakan orang adalah dengan mengetahui tingkat depresinya, apakah itu termasuk depresi berat atau depresi ringan.

Orang dengan depresi ringan biasanya di treatment secara psikologis dengan terapi ‘berbicara’ hal ini dapat sangat membantu. Kebanyakan penderitanya harus melakukan terapi psikologis untuk pasien yang mengalami depresi. Keduanya dapat dipadukan untuk penyembuhan.

Penyembuhan depresi memakan waktu sekitar 2-3 minggu sebelum benar-benar berhasil dan orang merasakan adanya kemajuan cara berpikir mereka. Tetapi pada dasarnya orang dapat terlihat lebih baik dalam waktu 8-12 minggu.


Cegahlah Depresi

Akan sangat membantu bagi orang yang mau berbagi tentang masalah mereka yang mereka alami. Hal ini tidak selamanya mudah dilakukan tetapi memang harus diakui bahwa ‘masalah yang dibagi akan menjadi lebih ringan’ seperti kata pepatah.

Dr,Bolton menjelaskan : “pada umumnya, hal ini bukan tentang memasukkan masalah dalam botol. Jika kesetresan anda itu karena rumusan anda dan jumlah pekerjaan yang anda bawa. Apakah anda termasuk orang yang perfeksionis dan terlalu keras pada diri sendiri? Jika itu masalahnya, anda harus melihat bagaimana keseimbangan anda, pekerjaan dan gaya hidup sehat, keluarlah dari masalah pekerjaan, jadi anda bisa mendapatkan waktu yang berkualitas dengan teman dan keluarga.”

Ambil kesempatan untuk bersantai dan menikmati diri sendiri. Praktekkan hal ini dengan makan-makanan yang berbeda. Jangan menunda makan, hal itu hanya akan mengurangi kandungan gula darah sehingga fisik anda akan bermasalah.

Tetap aktif. Lakukan latihan seperti latihan mental yang dapat mengurangi stres dan membuat anda tetap nampak segar. Latihan fisik merupakan anti depresi yang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah pekerjaan.

Terakhir, hindari konsumsi alkohol dan obat-obatan yang hanya akan memberikan dampak negatif. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat membuat orang mengalami depresi dalam jangka panjang..






0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita mode kecantikan lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft