Thu, 17 Nov 2011 23:21:50 GMT | By MULA-ANTARA

Makanan Pencegah Kanker Prostat



Makanan Pencegah Kanker Prostat

(MSN Original) - Salah satu cara terbaik bagi pria untuk menjaga kesehatan prostat mereka - dan mengurangi resiko terkena kanker prostat - adalah dengan makan makanan yang tepat.

Movember (dari moustache dan November) sudah datang, dan denga segala kesibukan merawat kumis, tidak ada salahnya untuk membahas masalah kesehatan pria, terutama kanker prostat.

Sekarang, jika anda berusia di bawah 40 tahun, mungkin anda masih belum berpikir itu bukan hal yang perlu anda khawatirkan sekarang, dan untuk sebagian besar anda benar. Tetapi sekarang adalah waktunya anda menjalani gaya hidup yang dapat menjauhkan resiko terkena kanker prostat di masa depan.

Salah satu caranya adalah dengan mempelajari makanan apa yang dapat menyehatkan atau merusak prostat anda. Berikut adalah beberapa contoh utama.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan sayuran bergenus allium, seperti bawang merah, bawang bombay, bawang perai dan lokio. Dikatakan bahwa pria yang mengkonsumsi banyak sayuran dari genus allium tersebut memiliki resiko lebih kecil terkena kanker prostat.

Salah satu penelitian kecil yang dilakukan di Turki menemukan penurunan PSA (protein yang diasosiasikan dengan kanker prostat) lebih dari setengah dari grup yang terdiri dari sembilan pria yang mengidap kanker dan mengkonsumsi cairang ekstrak bawang putih selama sebulan.

Sebuah penelitian lebih besar di Cina menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi lebih dari 10 gram sayuran genus allium setiap harinya, 49 % lebih kecil beresiko terkena kanker prostat daripada dengan mereka yang mengkonsumsi sayuran tersebut kurang dari 2,2 gram setiap harinya.

Daun Bawang

Sayuran genus allium lainnya dengan kandungan pencegah kanker prostat adalah daun bawang.

Di penelitian di negeri Cina, pria yang mengkonsumsi lebih dari 2,1 gram daun bawang setiap hari menurunkan resiko terkena kanker prostat sampai 70% dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Bawang putih dan daun bawang seringkali dikonsumsi bersama dengan bahan anti kanker prostat lainnya seperti tomat, jadi kombinasi antara mereka mungkin menjadi lebih efektif daripada menkonsumsi satu-satu.

Tomat

Jadi apa kandunga di tomat yang bisa membantu mencegah kanker prostat (juga penyakit lainnya)? Jawabannya adalah lycopene, unsur kimia tersebut yang memberikan warna merah pada tomat, dan bagusnya khasiatnya tidak hilang jika dimasak atau diperas - bahkan mungkin lebih baik - daripada yang masih segar. Jadi semuanya mulai dari saus, sup, sampai saus di atas pizza mngkin bisa membantu menjauhkan kanker prostat dari diri anda.

Bagaimana kita tahu? Salah satu studi tahun 2002 meneliti kebiasaan makan dari 47.000 pria. Pria yang mengkonsumsi saus tomat, atau makanan lain dari tomat sebanyak dua kali atau lebih setiap pekan. memiliki 20% lebih kecil resiko terkena kanker prostat.

Sebah penelitian yang diumumkan tahun lalu di jurnal Cancer prevention Research, menyarankan bahwa menghidangkan tomat (segar maupaun dimasak atau dalam bentuk saus) dapat melindungi seseorang dari kanker prostat dan memperlambat pertumbuhan tumor di penderita.

Brokoli

Ada banyak alasan untuk mengkonsumsi brokoli, dan berikut adalah alasan lain lagi: membantu mencegah kanker prostat.

Penelitian menunjukan bahwa brokoli dan sayuran kubis-kubisan lainnya (seperti kubis, kembang kol dan bok choy) memberikan perlindungan terhadap kanker prostat.

Penelitian lain menunjukan bahwa brokoli juga mencegah penyakit tersebut menjadi lebih parah.

Makanan yang patut dihindari

Untuk menurunkan resiko terkena kanker prostat, terdapat beberapa makanan yang patut anda hindari.

Daging merah adalah salah satunya, dan juga daging lainnya yang di panggang dan digoreng pada temperatur tinggi. Memasak dengan cara tersebut terbukti meningkatkan resiko kanker prostat pada hewan.

Produk susu juga mungkin akan menjadi masalah. Salah satu penelitian menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi dua setengah porsi produk susu setiap hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat sebesar 40%.

Di sebuah review tentang penelitian atas makanan dan kanker prostat yang di publikasikan di Journal of Human Nutrition and Dietetics, peneliti menemukan bahwa makanan yang banyak mengandung daging yang diproses atau dipanggang, produk susu dan lemak sepertinya yang paling beresiko meningkatkan resiko terkena kanker prostat.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...

berita mode kecantikan lain

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft