Republika Online
Updated: Sat, 24 Nov 2012 02:30:00 GMT

Tiga Kunci Sukses Diet



Tiga Kunci Sukses Diet

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengaturan makan dengan penyesuaian jumlah, jenis dan jadwal atau 3J bisa menjadi kunci sukses diet untuk menurunkan berat badan, kata dokter spesialis gizi klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM, Luciana B Sutanto.

"Apa yang kita makan, harus sesuai dengan 3J, yaitu jumlah, jenis, dan jadwal," katanya di Jakarta, Jumat (23/11).

Luciana menjelaskan, orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan sebaiknya mengingat jumlah asupan kalori dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.

"Jenis adalah variasi makanan dalam setiap konsumsi. Semua harus seimbang. Sayur dan karbohidrat yang dikonsumsi harus seimbang jumlahnya," katanya.

Ia menjelaskan, sensasi kenyang yang dihasilkan karbohidrat sama dengan sensasi kenyang yang dihasilkan oleh sayuran karena itu jumlah keduanya harus seimbang supaya serat sayuran bisa memperlambat penyerapan kalori dan lemak yang terkandung dalam karbohidrat.

"Jadwal juga penting, perhatikan pola makan dengan aktivitas yang akan dilakukan," lanjutnya.

Luciana menjelaskan pula bahwa konsumsi makanan ditujukan untuk menambah kalori sebagai sumber energi untuk aktivitas yang dilakukan.

Bila aktivitas bersifat santai sebaiknya asupan kalori juga dikurangi karena tubuh tidak membutuhkan membutuhkan banyak energi.

"Sebaliknya bila aktivitas yang diperlukan oleh tubuh bersifat berat dan sering, maka asupan kalori yang dibutuhkan sesuai dengan apa yang akan dikeluarkan," ujar dia.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft