Republika Online
Updated: Sun, 14 Oct 2012 22:03:00 GMT

Tenang, Osteoporosis Bisa Dicegah Kok



Tenang, Osteoporosis Bisa Dicegah Kok

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG - Osteoporosis atau penyakit tulang yang menjadi salah satu penyebab patah tulang, dan kelumpuhanhingga kematian, menurut seorang dokter spesialis gizi, dapat dicegah.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Departemen Ilmu Gizi FKUI, Inge Permadhi di Semarang, Ahad (14/10), mengatakanosteoporosis dapat dicegah, di antaranya dengan pemenuhan asupan kalsium.

"Osteoporosis ditandai dengan penurunan massa tulang, yakni tulang menjadi tipis, rapuh, dan mudah patah.Osteoporosis dapat dicegah dengan asupan kalsium dan salah satu sumber asupan kalsium adalah susu," kata drInge.

Hal tersebut dikatakan Inge di sela acara 'Kampanye Indonesia Bergerak - Dua Minggu untuk Esok Lebih Baik' sebagai bagian dari upaya mengajak masyarakat mencegah penyakit osteoporosis di Halaman Balai Kota Semarang.

Kampanye Indonesia bergerak tersebut dilaksanakan oleh PT Fonterra Brands Indonesia yang salah satu produknyaadalah Anlene.

Dr Inge menambahkan sebagian orang yang mengalami osteoporosis, tidak menyadarinya dan tidak merasakan sakit(silent disease) dan ketahuan setelah tulang patah.

Untuk mencegah terjadinya osteoporosis tersebut, lanjut dr Inge, dapat dimulai dengan menerapkan pola makansehat yakni jumlah kalori yang dimakan sesuai dengan kebutuhan dan komposisinya harus seimbang.

"Kemudian makan makanan yang mengandung protein, kalsium, dan vitamin D seperti susu, keju, tahu, tempe, makanikan beserta tulangnya, sayuran berwarna hijau seperti brokoli, telur, dan margarin," katanya.

Pencegahan osteoporosis lainnya yakni menerapkan pola aktifitas sehat seperti berolah raga, tidak minum alkoholberlebihan, tidak merokok, terpapar sinar matahari, dan menghindari gaya hidup santai (kurang gerak) atau'sendentary lifestyle'.

"Vitamin D di kulit akan aktif bila terpapar sinar matahari selama 5-15 menit sebelum pukul 09.00 WIB atausetelah pukul 15.00 WIB selama dua hingga tiga kali setiap minggunya," katanya.

Marketing Manager PT Fonterra Brands Indonesia Arief Tjakraamidjaja menambahkan bahwa kampanye IndonesiaBergerak dua Minggu Demi Esok Lebih Baik ini adalah untuk mengajak masyarakat melakukan pencegahan osteoporosisdengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium dua kali sehari secara teratur.

"Susu tinggi kalsium secara klinis telah terbukti menurunkan pelepasan mineral tulang. Selain minum susu jugaberaktivitas fisik seperti charity walk, senam, dan Osteo Dance," katanya.

Arief menegaskan pemilihan dua minggu tersebut didasari dari hasil riset yang dilakukan PT Fonterra BrandsIndonesia dengan Massey University St Thomas Hospital Inggris dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesiaterhadap perempuan pra dan pasca-menopause terkait konsumsi susu berkalsium tinggi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu tinggi kalsium dan vitamin D selama dua minggu dapat mengurangikerusakan tulang, sehingga menurunkan risiko terkena osteoporosis. Susu tinggi kalsium yang digunakan dalamriset tersebut adalah produk Fonterra Brands Ltd, Anlene.

Hadir dalam acara tersebut dua osteofighters Susi Susanti dan Alan Budikusuma. Susi Susanti mengaku dirinyamasih terus berolah raga seperti naik-turun tangga, angkat besi, lari, dan jalan kaki. Alan Budikusuma jugamengaku di tengah kesibukannya, dirinya selalu menyempatkan diri untuk berolah raga agar hidup sehat.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft