Republika Online
Updated: Thu, 13 Sep 2012 14:30:00 GMT

Sakit Gigi Terbanyak: Gigi Berlubang



Sakit Gigi Terbanyak: Gigi Berlubang

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR - Penyakit gigi, terbanyak akibat gigi berlubang. Berdasarkan data yang dilansir Persatuan Dokter Gigi Indonesia, ternyata lebih dari 70 persen penduduk Indonesia yang mengalami sakit gigi, diakibatkan oleh gigi mereka yang berlubang.

"Sekitar 168 juta jiwa penduduk Indonesia pernah menderita sakit gigi. Untuk orang dewasa, rata-rata rata-rata mencapai lima giginya yang berlubang," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) Dr drg Zaura Rini Anggraeni, MDS.

Kepada wartawan di Denpasar, Rabu, Zaura mengatakan, dari lima gigi yang sakit itu, 25 persen diantaranya dalam keadaan berlubang yang masih tertolong, sedangkan 75 persen tidak bisa ditolong karena sudah masuk ke fase terminal dan mati.

Ditambahkannya, gigi dalam fase terminal atau mati itu karena sudah mengalami kebusukan dan harus diambil tidakan terakhir yakni dicabut.

"Berdasarkan kenyataan di lapangan, kurang dari satu persen gigi berlubang bisa diatasi dengan cara ditambal," katanya.

Menurut Zaura, kesehatan gigi dan mulut memiliki kaitan yang erat dengan sistem kesehatan seluruh tubuh. Sehingga apabila mengalami gigi busuk atau infeksi pada gusi, bisa merusak keseimbangan dan ketahanan tubuh.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft