Republika Online
Updated: Thu, 21 Feb 2013 20:30:00 GMT

Perubahan Anak Laki-laki Selama Masa Puber (3-Habis)



Perubahan Anak Laki-laki Selama Masa Puber (© 3-Habis)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak laki-laki melalui begitu banyak perubahan yang membingungkan dan mengejutkan selama masa pubertas. Meski pubertas adalah bagian alami dari proses tumbuh dewasa, ada baiknya jika anak laki-laki memiliki seseorang untuk teman mereka bicara.

Bagaimana mengenalnya? Ini dia pemaparannya seperti ROL kutip dari SymptomFind, Kamis (21/2).

Kecemasan lain yang ditunjukkan oleh anak laki-laki yang sedang pubertas adalah kecemasan akan penampilan. Anak laki-laki biasanya menjadi sangat memperhatikan baju apa yang mereka pakai, warna apa yang cocok untuk mereka, dan ada juga membandingkan penampilannya dengan anak laki-laki lain.

Pada masa ini, anak laki-laki juga mengalami peningkatan gairah seks yang menyebabkan perasaan romantis mereka berkembang. Misalnya, mereka mulai belajar menyukai lawan jenis yang lebih dikenal dengan istilah 'cinta monyet.'

Anak laki-laki perlu diberi tahu bahwa mereka sedang menghadapi masa pubertas pada usia-usia tertentu. Orang tua juga bisa menceritakan pengalamannya ketika menjalani usia yang sama dengan anaknya. Ini diperlukan agar sang anak bisa mengontrol prilakunya. Ini juga agar mereka bisa menghadapi setiap perubahan yang terjadi pada diri mereka.

Orang tua juga bisa menemui dokter jika memerlukan pelajaran lebih lanjut cara menghadapi anak yang memasuki masa pubertas. Namun, mereka biasanya sudah banyak memiliki pengalaman dan memberikan dukungan untuk putra putri mereka.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft