Republika Online
Updated: Fri, 22 Feb 2013 06:06:16 GMT

Mau Panjang Umur? Minum Kopi Tiga Cangkir per Hari



Mau Panjang Umur? Minum Kopi Tiga Cangkir per Hari

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Para peneliti mengungkapkan, minum kopi tiga cangkir per hari dapat memperpanjang usia. Penelitian yang melibatkan hampir setengah juta lansia tersebut menunjukkan, risiko kematian menurun sejalan dengan banyaknya konsumsi kopi.

Terlalu banyak kafein ditengarai tidak baik bagi kesehatan. Namun, penelitian menunjukkan lebih banyak minum kopi justru risiko penyakit semakin mengecil. Misalnya serangan jantung, strok, cidera, diabetes, dan inveksi yang menyebabkan kematian.

Peneliti dari Institut Kanker Nasional AS, Neal Freedman mengatakan minum dua atau tiga cangkir kopi dapat menurunkan risiko kematian dini 10-15 persen. Tapi, dia menambahkan minum lebih dari dua atau tiga cangkir hingga enam cangkir tidak mendapatkan manfaat yang lebih baik.

Partisipan dalam penelitian itu merupakan lansia berusia 50-71 tahun. Mereka diteliti sampai 12 tahun. Freedman mengatakan hambatan bagi peminum kopi yang ingin memperpanjang usia hidupnya adalah merokok.

"Dalam penelitian kami, partisipan yang minum kopi juga ingin merokok, hal itu merupakan faktor risiko kematian," ungkap dia seperti dilansir dailymail.

Dia menambahkan minum kopi berhubungan dengan banyaknya kebiasaan buruk. Seperti minum alkohol terlalu banyak, konsumsi daging, dan gaya hidup yang buruk. "Semua faktor risiko itu biasanya berhubungan dengan kematian, yang juga kami teliti," kata dia.

1Komentar
15 Mar, 2013 22:17
avatar
yakin tuh bos??????????................ teman saya aja meninggal, malah dia penggila kopi......
Laporkan
Bantu kami untuk menjaga lingkungan yang stabil dan sehat dengan melaporkan segala jenis kegiatan ilegal dan tidak sesuai. Jika Anda merasa ada pesan yang melanggarAturan dasarharap isi formulir ini untuk memberitahu moderator. Moderator akan memeriksa laporan Anda dan mengambil tindakan yang dianggap perlu. Jika diperlukan, segala tindakan ilegal akan dilaporkan kepada pihak berwajib.
Kategori
Batas karakter 100
Anda yakin hendak menghapus komentar ini?

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft