Republika Online
Updated: Mon, 28 Jan 2013 17:06:00 GMT

Mau Beli Karpet? Simak Dulu yang Ini



Mau Beli Karpet? Simak Dulu yang Ini

REPUBLIKA.CO.ID, Permadani dari Iran, siapa yang tak suka? Selain indah, konon permadani asal negara itu juga paling tahan lama di dunia. Asal dirawat dengan baik, benda 'tunggangan' jin dalam dongeng 1001 malam ini bisa bertahan ratusan tahun awetnya!

Sebagai bagian interior rumah, permadani mampu menaikkan 'citra' sebuah ruangan. Selain itu, juga untuk menampakkan kesan tertentu ruangan itu: sempit atau luas, formal atau informal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli permadani berkualitas. Tips berikut barangkali layak dipertimbangkan.

* Tentukan dulu di ruangan mana permadani itu bakal dipasang dan berapa luasnya. Motif konvensional cocok untuk semua ruangan, tapi tidak demikian dengan motif kontemporer, semisal bergambar karakter kartun. Motif terakhir lebih cocok untuk mengesankan ruangan yang akrab, hangat, dan informal. Ukuran permadani jangan terlalu kecil atau terlalu besar dibanding ukuran ruangan.

* Permadani berwarna terang mengesankan ruangan lebih luas. Namun untuk warna ini perlu dipertimbangkan pula tingkat 'lalu lintas' di atasnya, mengingat warna ini akan mudah tercemar kotoran di atasnya. Sesuaikan cat tembok dengan warna dominan permadani.

* Dilihat dari bahannya, permadani dengan benang sutera murni dan pewarna alami paling tinggi mutunya. Setingkat di bawahnya adalah permadani dari bahan wol atau campuran sutera - wol. Sifat khas permadani bahan ini adalah: semakin bertambah umurnya, warnanya akan semakin bagus. hanya saja, peraawatannya agak repot. Jika menginginkan perawatan yang mudah, pilihlah permadani dari bahan nilon, akrilik, dan katun.

* Untuk perawatannya, gunakan vacuum cleaner tiap dua hari sekali atau tergantung kebutuhan dan jangan meletakkan perabotan 'berbobot' di atas permadani, agar penampilannya tetap bagus. Selain itu, jangan menggunakan bahan-bahan kimia untuk membersihkannya. Untuk amannya, bawa ke toko permadani tertentu yang juga menyediakan fasilitas pencucian. .

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft