Republika Online
Updated: Mon, 18 Feb 2013 14:10:49 GMT

Empat Kunci Pola Makan Sehat



Empat Kunci Pola Makan Sehat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki pola makan yang sehat jadi tantangan tersendiri bagi masyarakat di zaman modern yang serba cepat saat ini. Tak jarang, tuntutan pekerjaan membuat kita memilih fast food sebagai jalan keluar.

Tidak salah memang, namun alangkah lebih baik jika kita mengonsumsi makanan yang sehat.

Ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi, Dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK, memaparkan ada empat kunci pola makan sehat. Ia menyebutnya sebagai 4J, yaitu; jumlah, jenis, jadwal, dan jurus memasak.

'Jumlah', kata Samuel, mengacu pada jumlah makanan yang dikonsumsi yang harus sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak boleh lebih atau pun kurang.

Untuk 'J' yang kedua atau jenis, dikatakan Samuel adalah jenis makanan yang dikonsumsi harus variatif dan kaya nutrisi.

"Harus mengandung gizi seimbang yang tepat untuk tubuh. Harus ada karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral," tutur Samuel.

Sementara itu, jadwal makan juga harus diperhatikan. Jadwal makan harus dilakukan tiga kali makan besar, kecuali dalam kondisi tertentu seperti pada penderita diabetes dan gangguan lambung.

Kunci yang terakhir adalah jurus memasak. Menurut Samuel, tidak hanya jenis makanan yang menjadi inti pola makan sehat, namun tata cara memasak dan mengolah makanan juga memiliki peran penting.

"Makanan yang dimasak jangan terlalu matang, jangan terlalu banyak garam apalagi MSG, gula atau pun bahan makanan olahan. Ini akan mengurangi kadar sehat dalam makanan," pungkas Samuel.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft