Republika Online
Updated: Mon, 29 Apr 2013 23:29:00 GMT

Dada Sering Terasa Nyeri, Mengapa?



Dada Sering Terasa Nyeri, Mengapa?

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, saya memang agak gemuk, berat 95 kg dengan tinggi 168 cm. Sebelumnya saya tidak pernah merasa sakit di bagian dada, tetapi sekarang kok suka seperti ada rasa tertekan yang menyakitkan. Mengapa ya Dok?

Rasyid (38 tahun)

Jawaban:

Untuk pak Rasyid yang terhormat, terima kasih atas pertanyaan yang diberikan, semoga sehat selalu. Berkenaan dengan gejala seperti rasa nyeri yang terada di dada, maka memang patut diwaspadai kondisi penyakit jantung koroner dimana otot jantung mengalami kerusakan akibat kekurangan pasokan oksigen.

Kondisi ini dapat ditandai dengan problem nyeri atau sakit dada dimana terasa seperti tertimpa beban atau panas terbakar yang dapat menjalar. Nah salah satu faktor yang menjadi pencetus risiko adalah salah satunya obesitas. Di samping problem hipertensi, stress mmerokok, usia, faktor genetik, maupun karena tidak berolahraga.

Nah dalam hal ini terdapat beberapa faktor risiko yang masih dapat dimodifikasi, seperti reduksi berat badan, input makanan sehat bernutrisi, kemudian biasakanlah berolahraga serta melakukan pengelolaan stres sehingga nilai risikonya akan berkurang.

Yang terpenting dalam hal ini untuk memastikan problem yang dihadapi adalah lakukan pemeriksaan dengan EKG (elektrokardiografi) maupun dengan melakukan uji Treadmill Test. Sehingga diketahui apakah penyebab atas gejala tersebut bersumber dari jantung, agar mendapat penanganan sesuai.

Demikian pak yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. Salam (AZ)

dr Abdullah Zaini, SpJP

Spesialis Jantung di RS Meilia Cibubur

Kolom Dokter Kita diasuh olehRS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email :kesehatan@rol.republika.co.id

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft