Republika Online
Updated: Mon, 06 May 2013 10:30:00 GMT

Cosplay Mulai 'Mewabah' di Sampit



Cosplay Mulai 'Mewabah' di Sampit

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT, KALTENG -- Cosplayer atau orang yang hobi berpenampilan dengan kostum tokoh anime, karakter game dan originial cosplay, mulai merambah Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Komunitas ini untuk menyalurkan hobi dan menjadi ajang silaturahim pencinta cosplay. Sebenarnya di Sampit sudah lama muncul, tapi kalau untuk kumpul-kumpul dan membentuk komunitas ini memang baru saja," kata Miko, salah seorang cosplayer di Sampit, Ahad (5/5).

Cosplayer di Sampit telah membentuk komunitas yang mereka beri nama Otaku Borneo. Di wadah ini berhimpun cosplayer dengan berbagai latar belakang, mulai dari pelajar, mahasiswa dan karyawan. Mereka mulai memperkenalkan diri dengan tampil di tempat-tempat keramaian sambil membawa spanduk berisi penjelasan tentang apa dan bagaimana keberadaan cosplayer.

Kehadiran mereka di Taman Kota Sampit pada Ahad pagi menjadi perhatian masyarakat yang berolahraga di ruang terbuka di pusat Kota Sampit tersebut. Belasan cosplayer menggunakan kostum sejumlah tokoh anime Jepang dengan tema kostum magic.

Selain kostum yang unik, dandanan mereka juga menarik perhatian, ada yang menggunakan wig bewarna-warni, namun uniknya ada pula cosplayer yang mengenakan jilbab. Tidak sedikit warga yang meminta waktu untuk berfoto dengan mereka.

Di Jepang, cosplayer dikenal dengan sebutan akihabara district. Tidak hanya merambah berbagai negara barat, kini cosplayer juga muncul di Indonesia, termasuk di Sampit. Karena merupakan hal baru, tidak heran jika kehadiran para cosplayer Sampit ini menjadi perhatian masyarakat setempat.

"Untuk di Kalimantan, komunitas cosplayer ini sudah ada di sejumlah daerah seperti Palangka Raya, Banjarmasin dan kota-kota lainnya, termasuk di Sampit ini. Banyak hal positif yang didapat dalam komunitas ini, selain silaturahim antarsesama cosplayer," kata Miko.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft