Republika Online
Updated: Mon, 08 Apr 2013 22:02:01 GMT

Cantiknya Ikan Hias Akuarium Air Laut, Pilih Yuk!



Cantiknya Ikan Hias Akuarium Air Laut, Pilih Yuk!

REPUBLIKA.CO.ID, Memelihara ikan hias adalah salah satu hobi yang tak hanya menyenangkan tapi menghibur. Melihat ikan-ikan cantik berenang bisa membuat mata sejuk. Belum lagi kepuasan saat berhasil merawat hingga tumbuh menjadi besar dan lebih cantik.

Ada banyak jenis ikan hias yang bisa menjadi peliharaan, termasuk di air asin atau air laut. Harus diakui, ikan-ikan piaraan dalam akuarium air laut bisa jauh lebih menarik dan berwarna bila dibanding ikan hias air tawar. Meski, soal perawatan memang lebih sulit dan ongkos lebih mahal pula.

Salah satu faktor karena anda harus menyediakan air laut secara berkala untuk mengganti yang sudah kotor. Sementara, air laut tidak bisa diperoleh bebas sehingga harus dibeli.

Bagi anda yang baru memulai proyek akuarium air laut, kecuali memiliki dana besar, mulailah dengan memilih ikan yang sering dijual dan dipelihara.

Apa saja sih ikan hias air laut yang bisa dijadikan pilihan?

Angelfish

Ini adalah ikan yang cantik dengan bentuk pipih lebar. Ada banyak dan beragam motif serta bentuk ikan anglefish yang bisa anda pilih. Tubuh ikan ini biasanya pipih dan sisinya terdapat garis-garis.

Ikan blue devil


Meski namanya berkonotasi jahat namun ikan ini termasuk tipe yang estetis. Tubuhnya langsing dengan warna biru berbintik putih di bagian atas. Tipe ikan ini bergerak aktif berenang di antara karang.

Ikan botana (blue tang)

Bila anda hendak memelihara ikan ini, maka ada beragam jenis pilihan, mulai botana biru, botana kasur dan botana kacamata

Tiap jenis memiliki ciri khas masing masing. Botana biru, tentu saja tubuh biru dan memiliki bentuk agak bulat. Ikan ini menjadi karakter 'Dory' dalam "Finding Nemo"

Lalu botana kasur memiliki warna yang mengingatkan pada kasur.

Neon tetra

Khusus ikan ini memiliki warna keemasan dengan seulas tips garis biru mirip neon hingga ke mata. Ikan ini adalah ikan yang unik dan cukup digemari karena warnanya yang cantik.

Ikan Badut

Yup, ini adalah ikan yang menjadi karakter utama dalam "Finding Nemo" atau biasa disebut clown fish. Ikan ini memiliki warna cantik berupa belang putih dan jingga. Bila anda ingin memelihara pula terumbu karang, maka ikan badut bisa menjadi pilihan tepat karena spesies ini salah satu yang bisa bertahan dan tidak menjadi korban si terumbu yang suka menyantap ikan.

Lionfish

Ikan ini mengacu pada genus Pterois dalam keluarga Scorpaenidae. Mereka memiliki duri yang beracun dan harus diperlakukan dengan hati-hati. Spesies lain dalam keluarga Scorpaenidae namun di luar Pterois biasa juga disebut lionfish. Makanan ikan hias biasa, seperti makanan ikan badut tidak cocok bagi lionfish sehingga anda harus berkonsultasi betul bila ingin memelihara ikan ini. Jangan sampai membeli mahal lalu rugi gara-gara cepat mati karena salah urus.

Sebenarnya masih banyak jenis ikan hias air laut yang sering dipelihara. Anda bisa melihat dan memilih langsung di toko-toko ikan hias. Sebelum menentukan yang mana, sangat dianjurkan anda telah memahami bagaimana cara merawat mereka.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft