Republika Online
Updated: Tue, 02 Jul 2013 19:49:54 GMT

Buat Sendiri Cat Aman 'Finger Painting' untuk Si Kecil



Buat Sendiri Cat Aman 'Finger Painting' untuk Si Kecil

REPUBLIKA.CO.ID, Melukis dengan jari selalu menjadi aktivitas menyenangkan. Kegiatan ini cocok bahkan bagi anak berusia satu tahun dan salah satu cara membuat mereka terbiasa dengan tekstur, seni, warna dan kreativitas.

Masalahnya, bila Anda mengajak si buah hati, keponakan, atau murid-murid yang masih kecil dan berusia sangat muda, cat bisa membahayakan. Maklum bocah cenderung memasukkan jari mereka ke mulut. Cat juga bisa membuat mereka penasaran, seperti apa sih rasanya? Lalu mereka pun mencicipi dan menelan semua bahan kimia di sana. Ini mengerikan.

Bagaimana mengatasinya? Buatlah cat sendiri dari bahan makanan, terutama bila Anda hendak melibatkan anak berusia tiga tahun ke bawah dalam aktivitas ini. Apabila Anda sedang tidak mengawasi mereka dan ada yang mencicipi cat tersebut, tak ada racun yang masuk ke dalam tubuh.

Tertarik membuat? Inilah bahan-bahan yang dibutuhkan dan langkah pembuatannya.

Amunisi yang diperlukan

Panci/wajan untuk memasak
1/2 cup tepung maizena
3 sdm gula
1/2 sdt garam
2 cup air dingin
Pewarna makanan
Glitter (opsional)
Spatula atau peralatan sejenis untuk mengaduk
Tempat penyimpanan kecil, seperti cup es krim dengan tutupnya


Jurus pembuatan


1. Campur semua bahan bersama di dalam wajan atau panci antilengket berukuran sedang lalu Masak di atas api kecil selama 10-15 menit. Awasi terus dan cegah jangan sampai hangus

2. Terus aduk adonan calon cat jari anda hingga lembut dan mengental. Mungkin awalnya adonan tidak akan kental, tapi bersabarlah. Cat akan mulai mengental di saat-saat terakhir. Jangan tambah lagi bahan lain bila sudah masuk tahap ini. Bila sudah sepenuhnya mengental, angkat wajan dari kompor dan biarkan adonan mendingin.

3. Tempatkan calon cat ke wadah-wadah kecil yang sudah Anda siapkan. Jumlah wadah bergantung pada berapa banyak warna yang Anda inginkan. Bila Anda tak punya banyak wadah kecil, Anda bisa tempatkan dalam satu tempat besar, lalu masukkan dalam cetakan es batu, dan warnai, sesaat sebelum digunakan.

4. Beri beberapa tetes pewarna makanan. Anda bisa membeli pewarna makanan untuk rainbow cake. Bila menggunakan cetakan es batu, cukup satu tetes di tiap kotak. Cobalah mencampur warna. Contoh, biru dan ungu bisa menghasilkan warna ungu. Aduk warna ke adonan cat untuk memastikan tingkat kekuatan warna.

5. Beri glitter bila diinginkan lalu aduk hingga rata. Khusus penambahan glitter hanya bisa dilakukan bila Anda memastikan anak-anak yang terlibat dalam aktivitas ini memiliki pemahaman tidak memakan cat karena berbahaya. Bila tidak, sebaiknya jangan beri glitter.

6. Tutup dan simpanlah untuk proyek-proyek menyenangkan yang akan datang.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft