Republika Online
Updated: Thu, 08 Nov 2012 20:01:43 GMT

Bahan Alami Pencegah Kanker



Bahan Alami Pencegah Kanker

REPUBLIKA.CO.ID, --Indonesia memiliki potensi kekayaan alam dari tumbuhan obat. Dari total 40.000 jenis tumbuhan yang ada di dunia, sekitar 30.000 jenis tumbuhan ada di Indonesia, dan 940 jenis di antaranya merupakan tumbuhan berkhasiat obat.

"Dari hasil penelitian terhadap senyawa aktif yang terkandung dalam tumbuhan berkhasiat obat tersebut menunjukkan adanya aktivitas imunomodulator (peningkat sistem kekebalan tubuh)," kata peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Ediati di Yogyakarta, Rabu (7/11).

Menurut dia ada beberapa sumber alam yang telah diteliti dan mempunyai efek sebagai imunomodulator. Di antaranya jamur ling zhi, jintan hitam, kedelai, keladi tikus, mangga, mengkudu, meniran, pegagan, rumput laut, sambiloto, sarang semut, sirih merah, songgolangit, dan susu kuda.

Pengembangan produk imunomodulator bahan alam, kata dia, dapat dimanfaatkan untuk menekan tingkat kejadian penyakit infeksi. Bahan tersebut mampu memodulasi sistem imunitas dengan berperan menjaga kondisi homeostatis tubuh dan membantu tubuh memperbaiki ketidakseimbangan sistem imun.

"Selain berperan memerangi penyakit infeksi, imunomodulator juga berkembang menjadi pilihan pencegahan dan pengobatan kanker," kata Ediati.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft