Republika Online
Updated: Mon, 14 Jan 2013 12:30:00 GMT

10 Makanan Natrium Tinggi yang Perlu Diwaspadai (2-Habis)



10 Makanan Natrium Tinggi yang Perlu Diwaspadai (© 2-Habis)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kita semua tahu bahwa daging olahan, keju, dan menu makanan restoran mengandung berton-ton natrium. Anda sebaiknya memastikan mengurangi konsumsi 10 makanan berikut untuk menghindari asupan natrium dan sodium yang terlampau tinggi. Ini juga demi melindungi kesehatan anda. Berikut jenis-jenisnya, dikutip dari SymptomFind, Ahad (13/1)

6. Bagel

Bagel adalah roti yg bentuknya menyerupai donat. Tapi, jika donat mayoritas memiliki rasa yang manis, bagel mempunyai rasa yang cenderung asin. Bagel biasanya menjadi pilihan ibu-ibu rumah tangga karena mengandung karbohidrat pengganti nasi. Namun, rasa polos bagel ini sudah memiliki sodium dasar 500 mg. Jika anda ingin membeli beberapa jenis roti, akan lebih baik jika membeli jenis muffin yang hanya mengandung 180 mg sodium.

7. Kerupuk gandum

Kerupuk gandum seringkali menjadi pilihan makanan ringan yang sehat. Padahal, kerupuk gandung sebetulnya tak jauh lebih baik dari keripik kentang untuk urusan kandungan natrium. Satu porsi kerupuk gandum mengandung 300 mg sodium. Anda sebaiknya memilih cracker rendah sodium untuk bahan cemilan anda sebagai gantinya.

8. Beras instan

Anda sebaiknya waspada untuk produk-produk beras dan nasi instan yang dikemas dalam bungkusan bertema 'nasi bumbu.' Jenis ini mengandung asupan natrium tinggi, mencapai 700 mg sodium per cangkir beras. Akan lebih baik anda memasak sendiri nasi anda di rumah dengan bumbu dan rempah-rempah alami.

9. Salad dressing

Salad memang pilihan sehat untuk dikonsumsi. Namun, anda sebaiknya jangan merusaknya dengan menambahkan saus natrium di atasnya. Salad dressing memiliki 150 mg natrium dalam sesendok sausnya. Sebaiknya anda membuat saus salad anda sendiri di rumah untuk pilihan sehat. Atau, anda sebaiknya membaca label saus salad yang rendah sodium sebelum membelinya.

10. Mi instan

Mi instan mengandung kadar sodium mengerikan. Bahkan, banyak ahli menganggap mi instan adalah makanan sampah alias 'junk food.' kadar sodiumnya mencapai 1.000 mg. Namun, masih ada juga mi instan yang mengandung natrium rendah yang bisa anda perhatikan sebelum membelinya.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft