okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Tue, 10 Apr 2012 11:00:06 GMT | By tuty, okezone.com

Kiat Ampuh Atasi Anak Mengompol

Lelah dengan kebiasaan anak mengompol yang tak kunjung reda? Siasati dengan kiat-kiat ini.


Kiat Ampuh Atasi Anak Mengompol

LELAH dengan kebiasaan anak mengompol yang tak kunjung reda? Siasati dengan kiat-kiat ini.

Kebiasaan mengompol pada anak sangat merepotkan bagi orangtua. Selain sering mengganti seprai, hal ini berakibat lebih pada mental anak. Anak yang masih mengompol saat usia sekolah akan merasa malu dan menganggap rendah dirinya. Tak hanya itu, mereka cenderung menghindari kegiatan yang mengharuskannya tidur di luar rumah.

Untuk mengatasi hal tersebut, orangtua dapat membantu anak mengurangi perasaan negatif kebiasaan mengompolnya. Caranya, berikanlah dukungan yang positif dan penuh pengertian untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Ada beberapa cara seperti penyembuhan ke dokter dan pemberian obat tertentu. Namun, melatih kebiasaan anak akan memberi hasil lebih baik. Meskipun memerlukan waktu lebih lama, namun hasilnya akan bertahan lama.

Berikut ini kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi anak mengompol, seperti dilansir Family Doctor.

- Kurangi minuman sebelum waktu tidur.

- Ajak anak Anda buang air kecil sebelum waktu tidur dan lakukan lagi sesaat sebelum tertidur.

- Berikan hadiah saat anak tidak mengompol.

- Ajak anak ikut mengganti seprainya saat mengompol.

- Latihan menahan buang air kecil. Ajari anak mengontrol buang air kecil dengan menahannya selama beberapa menit. Lalu, ulangi dengan waktu yang lebih lama. Latihan ini akan meningkatkan kapasitas kandung kemih dan menguatkan otot untuk menahan buang air kecil.

- Hypnosis. Menurut Chid Development, hypnosis adalah cara paling ampuh untuk mengatasi problem mengompol. Dengan mendengarkan rekaman hypnosis, otak akan diprogram ulang. Sehingga anak akan bangun untuk buang air kecil, meskipun sedang tertidur. (ind)

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft