okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2012, All Rights Reserved)
Updated: Sun, 08 Apr 2012 13:32:03 GMT | By tuty, okezone.com

Atasi Kesedihan Usai Kematian Orangtua

Kehidupan dan kematian seperti dua sisi mata uang. Namun berbeda dengan kelahiran, kematian adalah...


Atasi Kesedihan Usai Kematian Orangtua

KEHIDUPAN dan kematian seperti dua sisi mata uang. Namun berbeda dengan kelahiran, kematian adalah sesuatu yang tidak mudah untuk dihadapi. Semua yang hidup pasti akan mati, begitu pula orangtua kita.

Cara manusia dalam menghadapinya pun beragam, ada yang merasakan panik, dan ada pula yang menerimanya dengan ikhlas. Kesedihan yang dialami setelah kematian orangtua adalah sangat wajar. Namun ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk berdamai dengan kesedihan itu.

Inilah langkah yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir Ehow.

Berisitrahat

Kembali melakukan rutinitas memang sudah seharusnya. Namun, beristirahat sejenak dapat membantu Anda merasa lebih baik. Beberapa teman dan kolega akan menawarkan bantuan untuk melepaskan kesedihan Anda. Ambilah waktu untuk mengatasi kesedihan Anda dan mengurusi hal-hal yang ditinggalkan orangtua Anda.

Makan dan olahraga

Selama berduka, Anda menghabiskan banyak energi. Karenanya, tidurlah untuk mengembalikan tenaga Anda dan makanan yang seimbang dan olahraga. Jika Anda mengalami kesulitan tidur dalam beberapa bulan, pergilah ke dokter.

Dukungan keluarga dan teman

Bicaralah pada sahabat tentang duka yang Anda alami, niscaya itu akan mengurangi kesedihan. Bertemu dengan teman-teman juga mencegah Anda dari sikap menutup diri. Jalinlah lagi hubungan dengan keluarga yang sudah lama tidak berdekatan. Hubungan ini akan memberi dukungan lebih selama masa-masa sulit.

Bantuan profesional

Berikan waktu setidaknya enam bulan untuk mengatasi kesedihan Anda. Jika Anda masih sulit tidur, tidak nafsu makan, dan kehilangan minat pada hal-hal yang menjadi kesukaan Anda, hubungilah dokter.

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft