okezone.com (© Copyright (c) okezone.com 2011, All Rights Reserved)
Updated: Thu, 15 Dec 2011 19:28:13 GMT | By tuty, okezone.com

Jus Buah Ceri Sahabat Baru Penderita Insomnia

Anda tentu familiar dengan buah ceri? Buah imut nan cantik berwarna merah ini sering kali kita...


Jus Buah Ceri Sahabat Baru Penderita Insomnia

ANDA tentu familiar dengan buah ceri? Buah imut nan cantik berwarna merah ini sering kali kita jumpai sebagai penghias kue tart. Namun tahukah Anda, apa "keajaiban" yang dimiliki dari buah cantik ini?

Buah merah dapat menjadi sahabat bagi Anda penderita insomnia. Buktinya, tim peneliti internasional baru saja menemukan solusi baru bagi penderita insomnia menggunakan manfaat buah ceri.

Kalau biasanya Anda mengonsumsi secangkir susu cokelat hangat sebelum tidur sebagai upaya mendapatkan kenyamanan ketika tidur, kini dengan mengonsumsi dua gelas jus ceri dalam satu hari akan membuat Anda memiliki rata-rata 39 menit lebih lama kepulasan tidur. Sebanyak 39 menit tersebut terdiri dari 25 menit tidur tambahan dan 14 menit sebagai waktu relaksasi di atas ranjang sebelum tidur. Selain itu, temuan lainnya adalah mereka kurang sering terbangun saat di ranjang dibandingkan mereka yang minum koktail buah non-ceri.

Penelitian ini dilakukan di Northumbria University dan kini telah muncul di European Journal of Nutrition. Peserta yang diuji coba dalam penelitian diberi dua porsi jus ceri dan jus buah-buahan alternatif lainnya selama tujuh hari berturut-turut, satu kali ketika mereka baru bangun dari tidur di pagi hari, dan satu gelas lagi ketika hendak tidur. Mereka juga diminta untuk menjauhkan diri dari daftar makanan yang diketahui mengandung atau memengaruhi melatonin, sebuah antioksidan kuat yang merupakan kunci untuk mengatur siklus tidur-bangun kita.

Para peneliti kemudian melacak kebiasaan tidur mereka menggunakan actigraphs (jam tangan yang dapat mendeteksi pergerakan) dan kuesioner. Sampel urin juga diambil untuk mengukur kadar melatonin dalam sistem uji ini.

Mereka menemukan kesimpulan bahwa minuman ceri dapat menyebabkan kebutuhan tidur siang berkurang, namun waktu tidur di malam hari lebih efisien pada 20 peserta. Peneliti juga menemukan zat melatonin pada buah merah ini.

"Hasil-hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jus buah ceri dapat digunakan sebagai fasilitas siklus tidur yang sehat. Jus buah ceri ini baik untuk para penderita insomnia, atau penderita gangguan tidur lainnya seperti mereka yang bekerja di antara dua shift pagi dan malam, serta baik untuk yang sedang jet lag," tutur Dr Glyn Howatson, seorang penguji fisiologis, seperti dilansir Dailymail, Kamis (15/12/2011).

0Komentar

video gaya hidup

lainnya...
PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft