Merdeka Bugar News Feed
Updated: Thu, 25 Apr 2013 18:37:37 GMT | By Merdeka Bugar News Feed

Cara efektif berkomunikasi dengan anak autis



Merdeka

MERDEKA.COM,

Anak autis yang pendiam dan tidak mau bicara memang susah diajak berkomunikasi. Namun menurut penelitian terbaru, cara paling efektif untuk berkomunikasi dengan anak autis adalah melalui gambar.

Metode tersebut pun dilaporkan lebih ampuh daripada menggunakan bahasa isyarat yang selama ini dipakai untuk berkomunikasi dengan anak autis.

Sekitar seperempat anak autis memang jarang sekali bicara atau bahkan tidak berkata apa-apa sama sekali. Kondisi tersebut tak jarang berlanjut hingga mereka dewasa, demikian menurut instansi pendukung autisme, Autistica.

Para ahli sebenarnya sudah mencoba banyak cara untuk berkomunikasi dengan anak autis. Kini, penelitian terbaru pun menyebutkan kalau intervensi dini yang bertujuan untuk mengembangkan bahasa alami dan meningkatkan kemampuan motorik dianggap sebagai cara efektif dalam berkomunikasi dengan anak autis.

Peneliti dari University of Birmingham di Inggris menemukan kalau komunikasi melalui gambar cukup efektif untuk menarik perhatian anak autis dan berbicara. Dengan gambar, anak autis kemungkinan besar bisa memberikan komentar atau menanyakan hal lain yang berhubungan dengan gambar yang diberikan.

Selain gambar, cara efektif lain untuk berkomunikasi dengan anak autis adalah melalui metode respon pivotal. Metode tersebut memberikan kesempatan bagi anak autis untuk meminta sesuatu dengan cara menuturkan kemauannya.

"Contohnya, jika seorang anak meminta bola dan berkata "Bo" maka ia akan diberi penghargaan," terang peneliti Joe McCleery, seperti yang dikutip dari My Health News Daily.

Hasil penelitian tersebut kemudian dilaporkan dalam jurnal Frontiers in Neuroscience.

Baca juga:

Sering ngompol di usia dewasa? Ini penyebabnya

Ilmuwan temukan cara hilangkan rasa gatal

Meningitis pada anak pengaruhi prestasi

Dapur di kantor lebih kotor daripada toilet?

Sumber: Merdeka.com

0Komentar

video gaya hidup

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft